11/16/17

Cara Tercepat Untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat

Cara mengatasi penyakit asam urat - Asam urat adalah zat yang dihasilkan oleh metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam ini biasanya akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urine dalam kondisi normal. Namun jika dalam kondisi tidak normal, ginjal tidak akan mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga dapat menjadi kelebihan didalam darah.

Zat asam urat yang berlebihan ini akhirnya akan menumpuk dan tertimbun pada persendian dan tempat lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dan akan berbentuk menjadi sebuah kristal. Akibat menumpuknya kristal inilah sehingga menyebabkan persendian menjadi  bengkak, meradang dan nyeri.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah yang kemudian menjadi menumpuk dan akan tertimbun dalam bentuk kristal-kristal pada persendian.
Cara mengatasi penyakit Asam urat

Orang yang paling beresiko terkena penyakit asam urat adalah laki-laki yang sudah berusia diatas 30 tahun. Hal itu karena laki-laki memiliki kadar asam urat lebih tinggi sehingga akan sangat cepat untuk terkena penyakit asam urat. Dan untuk perempuan juga bisa terkena penyakit asam urat ini, biasanya untuk perempuan akan timbul pada saat setelah menopause.

Penyebab penyakit asam urat

Pola makan yang tidak teratur bisa mengakibatkan resiko terkena asam urat, untuk itu hindarilah makanan yang kurang baik seperti jeroan pada daging ayam atau ikan, makanan ikan laut, daging merah, banyak minum yang mengandung alkohol dan lain-lain. Selain itu penyakit ini juga sangat rawan dialami oleh orang-orang yang memiliki penyakit diabetes, obesitas, hipertensi atau penyakit ginjal kronis. Terkena penyakit asam urat ini juga bisa karena faktor keturunan.

Cara mengatasi penyakit asam urat

Cara mengatasi penyakit asam urat dengan mudah bisa dilakukan dengan cara menghindari untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk penderita asam urat seperti berikut ini:
  • Makanan yang mengandung santan
  • Buah-buahan seperti kelapa, durian dan nanas
  • Sayur-sayuran seperti daun singkong, kangkung, bayam, buncis dan kembang kol
  • Kacang-kacangan
  • Produk olahan susu seperti keju, krim dan es krim
  • Seafood seperti kepiting, cumi, udang dan kerang
  • dan jeroan pada daging seperti otak, usus, hati, limpa, babat dan paru
Cara mengatasi asam urat pun juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan alami seperti :

1. Daun salam
2. Jahe merah
3. Seledri
4. Kumis kucing
5. Tempuyung
6. Daun suruhan
7. Pare

Cara alami yang lain nya juga bisa dilakukan yaitu dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran seperti : buah naga, stroberi, jeruk, pepaya, belimbing wuluh, tomat, sawi putih, sawi hijau, jahe, labu kuning, kentang, pisang, singkong, ubi dan lain-lain.

Selain itu penderita juga harus banyak minum air putih untuk membantu mengahancurkan kristal asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin serta menghindari penderita dari komplikasi ginjal. Dan jangan lupa untuk mengkombinasikan dengan olah raga yang teratur guna untuk melatih dan menguatkan persendian.

Demikian lah beberapa cara untuk mengatasi penyakit asam urat secara sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan penderita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat !!

0 comments

Post a Comment