1/30/18

Bahaya Hernia Jika Tidak Di Operasi Akan Berkomplikasi

Bahaya hernia jika tidak di operasi - Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa penyakit hernia termasuk ke dalam masalah yang cukup serius terutama pada seorang pria. Akan tetapi, wanita juga tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit ini. Dimana kondisi hernia ini, jika tidak di obati dengan TEPAT. Maka, akan berdampak buruk dan menimbulkan komplikasi penyakit yang berbahaya lainnya lagi.
bahaya hernia jika tidak di operasi
Hernia merupakan suatu penyakit yang di akibatkan karena melemahnya dinding otot perut sehingga akan seperti ada sesuatu yang menonjol keluar. Meskipun sebenarnya ada otot-otot yang akan terus berusaha menahan untuk tidak sampai keluar. Akan tetapi, jika tidak kuat untuk menahannya, otomatis akan kebablasan untuk keluar.

Hernia biasanya terjadi di daerah selangkangan. Akan tetapi, pada bagian tulang belakang dan otak pun juga bisa terserang penyakit hernia ini. Pada dasarnya, penyakit hernia ini, sering di tandai dengan adanya benjolan pada organ tubuh yang terserang. Oleh karena itu, agar hernia tidak semakin parah dan menular ke tubuh yang lainnya. Lebih baik segera melakukan operasi hernia. Karena jika tidak, akan menimbulkan bahaya hernia jika tidak di operasi.
Penyebab Penyakit Hernia

Penyakit hernia di sebabkan karena tidak sempurnanya penutupan kanal-kanal pada saluran perpindahan organ saat masih dalam kandungan. Sehingga saluran yang seharusnya menutup sempurna tersebut, tetap akan menjadi terbuka dan menjadi titik lemah dari dinding perut. Contohnya seperti, pada anak laki-laki yang testis semulanya berada di dalam perut, dan kemudian akan berpindah ke lokasi titik normalnya sebelum laki-laki tersebut lahir dengan melalui suatu saluran yang khusus. Jika saluran tersebut tidak tertutup pada saat bayi lahir, maka bayi tersebut akan menderita penyakit hernia.

Macam Macam Penyakit Hernia

Berdasarkan waktu terjadinya penyakit hernia, penyakit ini bisa di bagi menjadi beberapa bagian antaralain :
  • Hernia bawaan yang sering di sebut sebagai kongenital
  • Hernia yang di dapat mendadak yang sering di sebut sebagai akuisita
Berdasarkan letaknya, penyakit hernia bisa di bagi menjadi empat jenis antaralain :
  • Penyakit hernia inguinal
  • Hernia diafragma adalah suatu organ perut yang menonjol ke dalam rongga dada dengan melewati satu lubang pada diafragma.
  • Hernia Umbilical yaitu benjolan yang masuk melewati cincin umbilikus.
  • Hernia femoral yaitu benjolan di lipat paha yang melewati anulus femoralis.
Berdasarkan sifatnya penyakit hernia bisa di bagi menjadi lima jenis antaralain :
  • Reponibel yaitu apabila isis hernia bisa keluar masuk
  • Irreponibel yaitu apabila isi kantong hernia tidak bida di kembalikan ke dalam rongga
  • Strangulata yaitu apabila mendapati keluhan nyeri karena pembuluh darah yang terjepit
  • Incarserata yaitu apabila di dapatinya tanda obstruktif, contohnya seperti tidak buang air besar, tidak buang angin, dan terdapat rasa nyeri.
  • Hernia akreta yaitu keluhan yang terasa nyeri dan tidak ada sumbatan usus karena terdapat suatu perlekatan tersebut.
Gejala Penyakit Hernia

  • Timbulnya nyeri di daerah perut bagian bawah
  • Terkadang juga bisa timbul rasa nyeri yang di sertai dengan demam
  • Rasa sakit tersebut akan terasa ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, bersin, mengejan, dan mengangkat beban yang cukup berat.
  • Muncul benjolan di daerah selangkangan atau perut yang terkena hernia, benjolan tersebut akan cepat meningkat ukurannya ketika berdiri atau tekanan perutnya meningkat.
  • Pada beberapa kasus, timbulnya benjolan tanpa di sertai dengan rasa sakit yang ketika terus di biarkan bisa membuat hernia menjadi masuk ke dalam skrotum.
  • Jika usus sudah terjepit dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa mengalami kerusakan yang di tandai dengan mual dan juga muntah, dan gangguan pencernaan lainnya.
Bahaya Penyakit Hernia Jika Tidak Di Operasi

Penyakit hernia bukanlah termasuk ke dalam penyakit turunan, akan tetapi penyakit hernia ini bisa terjadi pada semua umur baik yang muda maupun yang tua. Proses terjadinya pada bayi pun akan berbeda dengan hernia yang menyerang orang dewasa. Hal tersebut karena, pada bayi lebih sering di sebabkan oleh kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya buah zakar.

Bagian hernia terdiri dari cincin, kantong, serta isi hernia itu sendiri. Isi yang terdapat di dalam hernia bisa saja berupa usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus. Bila ada sebagian organ yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat di keluarkan ke tempat yang tidak seharusnya. Yaitu bisa ke organ diafragma yakni batas antara perut dan dada, bisa di lipatan paha serta di area pusar.

Pada awalnya hernia tidak akan menimbulkan gejala nyeri, akan tetapi jika hernia terjepit oleh cincin hernia, infeksi hernia tersebut bisa menyebabkan penderita merasakan nyeri yang cukup hebat. Untuk itu bagi anda yang menderita hernia segera melakukan pemeriksaan ke dokter, dan dokter paling akan menyuruh anda untuk melakukan operasi pada hernia tersebut. Untuk atasi hernia pilihan alternatif bisa memakai obat herbal hernia di apotik yang saat ini telah banyak di jual secara bebas.

Jika tidak segera di operasi, maka infeksi yang di akibatkan hernia tersebut akan menyebabkan penderita menjadi merasakan nyeri yang sangat hebat, dan buruknya lagi infeksi tersebut akan menular dan meracuni ke seluruh tubuh anda.

0 comments

Post a Comment