1/30/18

Penyebab Penyakit TBC Yang Harus Segera Di Berantas

penyebab penyakit TBC
Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit menular paru-paru yang di sebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini biasanya di tularkan dari penderita yang aktif, yang sering batuk atau mengeluarkan titik-titik kecil air liur oleh orang sehat yang memiliki kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Penyakit TBC termasuk ke dalam 10 besar penyakit yang bisa menyebabkan kematian di dunia. Data dari WHO telah menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk ke dalam 6 besar negara dengan kasus pengidap TBC terbanyak. WOW sangat menakutkan sekali bukan...!!

Gejala Dan Jenis Tuberkulosis

Penyakit TBC biasanya lebih sering menyerang pada paru-paru dengan beberapa gejala tertentu, seperti batuk-batuk, berat badan yang turun, tidak nafsu makan, demam tinggi, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, serta sering lemah.

Saat tubuh kita sehat, sistem kekebalan tubuh kita akan mampu memberantas basil penyebab penyakit TBC yang masuk ke dalam tubuh.

Basil penyebab yang gagal di berantas sepenuhnya bisa bersifat tidak aktif untuk beberapa waktu sebelum kemudian menyebabkan gejala penyakit TBC. kondisi ini di kenal sebagai tuberkulosis laten. Sementara basil TBC yang sudah berkembang, merusak jaringan paru-paru, dan menimbulkan gejala yang dikenal sebagai istilah tuberkulosis aktif.

Penyebab Penyakit TBC

Penyebab yang paling umum dari penyakit TBC yaitu diakibatkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Basil tersebut akan menyebar di udara melalui semburan titik-titik air liur dari pengidap TBC aktif. Dan juga penyakit TBC bisa menyerang pada organ lain seperti paru-paru, ginjal, usus, kelenjar getah bening, bahkan sampai ke otak. TBC merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kehilangan nyawa, jadi anda harus sangat berhati-hati.

Penyakit TBC pada paru-paru memang bisa sangat menular, bisa melalui cairan di saluran pernapasan yang keluar lewat udara ketika bersin. Lalu hal tersebut bisa di hirup oleh orang-orang sehat di sekitarnya.

Kenapa pada orang sehat juga bisa tertular penyakit TBC ini ? Karena, apabila orang sehat tersebut memiliki daya tahan tubuh yang menurun, atau kekurangan asupan gizi. Maka akan dengan sangat cepat untuk terserangnya.

Berikut ini juga terdapat beberapa orang yang memiliki resiko untuk dengan mudah tertular penyakit TBC diantaranya adalah :
  • Orang yang sering merokok
  • Orang yang sudah jadi pecandu narkoba
  • Orang yang memiliki kekurangan gizi
  • Orang yang sering berhubungan seks dengan orang yang terkena penyakit TBC aktif
  • Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang menderita penyakit tertentu.
Proses Diagnosis Tuberkulosis Secara Medis

Penyakit TBC termasuk ke dalam penyakit yang cukup sulit untuk terdeteksi. Tim medis biasanya akan melakukan beberapa cara untuk mendiagnosis penyakit TBC ini dengan cara sebagai berikut :
  • Tes Dahak
  • Tes Darah
  • Tes Mantoux
  • Rontgen Dada
Pengobatan Dan Pencegahan Tuberkulosis

Penyakit yang cukup serius ini bisa di sembuhkan dengan obat TBC yang paling ampuh serta aman. Langkah pengobatan awal yang di butuhkan adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis antibiotik dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, langkah yang paling utama untuk mencegah penyakit TBC yaitu dengan menerima vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin). Di indonesia sendiri, Vaksin tersebut termasuk ke dalam daftar imunisasi yang wajib di berikan pada bayi yang berusia di bawah 2 bulan.

Dampak Komplikasi Penyakit TBC

Jika anda menderita penyakit TBC tetapi tidak segera di obati, otomatis bakteri TB akan mudah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya dan akan berpotensi mengancam jiwa pengidap. Berikut ini beberapa komplikasi yang mungkin besar akan terjadi antaralain :
  • Meningitis
  • Kerusakan Sendi
  • Nyeri tulang punggung
  • Gangguan hati, ginjal, dan jantung
Itulah sekilah informasi mengenai penyebab penyakit TBC, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Lindungilah diri anda serta keluarga anda dari penyakit yang sangat mematikan ini...!!

0 comments

Post a Comment