1/30/18

Gejala Batu Ginjal Yang Sering Muncul Dan Harus Di Waspadai

Beberapa dari gejala batu ginjal memang sudah banyak di rasakan oleh orang yang terkena penyakit batu ginjal. Di indonesia sendiri, seseorang yang mengidap batu ginjal sudah mencapai angka 0,5% dari populasinya. Untuk itu, sangat di anjurkan untuk selalu berkonsultasi pada dokter dan di berikan obat batu ginjal. Guna agar bisa mengatasinya dari sejak dini.

Penyakit batu ginjal lebih sering di alami oleh laki-laki di bandingkan dengan perempuan. Menurut suatu penelitian, hal tersebut akan terkait dengan obstruksi saluran kencing pada laki-laki. Perlu anda ketahui, bahwa penyakit ini memang sangat berbahaya karena batu ginjal kronis bisa menyebabkan gagal ginjal. Sebelum anda terlambat, lebih baik anda segera mengetahui apa sajakah gejala batu ginjal yang harus di waspadai.
gejala batu ginjal

Pengertian Dan Gejala Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal atau bahasa kedokterannya nefrolitiasis adalah suatu kondisi ketika material keras yang menyerupai batu muncul di dalam organ ginjal anda. Material tersebut merupakan berasal dari sisa zat-zat limbah yang terdapat di dalam tubuh, yang di saring dari darah oleh ginjal yang kemudian akan mengendap dan mengkristal dengan seiring waktu.

Gejala batu ginjal tidak akan terasa apabila batunya berukuran kecil yang biasa keluar dari saluran kemih bersamaan saat mengeluarkan urine. Gejala yang lain baru akan bisa di rasakan, apabila batu tertahan di dalam ginjal. Dan hal tersebut karena batu yang terdapat di dalam ginjal berukuran terlalu besar untuk melewati ureter, dan akan menyebabkan infeksi pada batu ginjal tersebut.

Apakah Yang Di Maksud Dengan Ureter ?

Ureter merupakan saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk organ ureter menyerupai tabung dengan struktur jaringan yang sensitif. Pada saat batu ginjal yang berukuran besar melewati ureter, batu tersebut akan bergesekan dengan dinding ureter, sehingga akan menyebabkan iritasi dan beresiko akan menyebabkan terjadinya luka.

Sebelum terlambat, ada baiknya anda untuk mengeli terlebih dahulu gejala batu ginjal, agar mendapatkan pengobatan serta penanganan yang tepat agar tidak menjadi batu ginjal yang kronis dan tidak menyebabkan gagal ginjal.

Apa sajakah gejala batu ginjal ? Berikut ini ulasannya :

1. Nyeri Pada Beberapa Bagian Tubuh

Nyeri yang di akibatkan dari batu ginjal bisa terasa berat dan juga ringan. Batu ginjal yang cukup besar mungkin akan menyebabkan rasa sakit saat turun ke ureter dan keluar tubuh melalui urine.

Bagian tubuh yang sering terasa nyeri antaralain : punggung bagian bawah, perut bagian bawah, serta daerah selangkangan dan juga di bawah tulang rusuk.

2. Urin Berwarna Keruh

Biasanya warna urin pada orang normal yang tidak memiliki resiko batu ginjal adalah berwarna bening atau kuning biasa. Namun, pada seseorang yang menderita batu ginjal warna urin akan berubah menjadi warna keruh dan juga bau busuk. Hal ini terjadi, karena tanda infeksi yang berhubungan dengan batu ginjal. Bila warna urin anda berubah menjadi keruh, ada baiknya segera di konsultasikan dengan dokter. Agar segera mendapatkan pengobatan serta penanganan yang tepat.

3. Terdapat Darah Di Dalam Urine

Hematuria atau terdapat darah di dalam urin merupakan salah satu gejala batu ginjal yang paling umum trejadi. Munculnya darah bisa berasal dari luka yang di sebabkan oleh batu ginjal pada saat melewati saluran kencing. Batu ginjal bisa menyebabkan luka dan juga mengiritasi ureter, dan biasanya darah akan ikut keluar ketika buang air kecil.

4. Sering Mual Dan Muntah

Rasa sakit yang di akibatkan dari gejala batu ginjal mungkin akan begitu parah, sehingga anda mungkin akan mengalami mual dan juga muntah. Ketika batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalanginya. Biasanya hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang bisa di gambarkan lebih sakit dan buruk di bandingkan dengan melahirkan.

5. Demam Dan Menggigil

Gejala batu ginjal yang satu ini mungkin akan memang sering muncul dari penyakit yang lainnya pun. Biasanya demam akan di sertai dengan infeksi saluran kemih, mulai dari daerah ginjal, ureter dan kandung kemih. Anda harus sangat hati-hati, jika demam nya sangat tinggi maka nyawa penderitanya otomatis akan ikut terancam.

Itulah beberapa batu ginjal yang sebaiknya harus sangat di waspadai. Jika anda merasakan salah satu gejala di atas. Lebih baik langsung di periksakan ke dokter agar dapat di tangani dari sejak dini.


Dipersembahkan Oleh

0 comments

Post a Comment