2/20/18

6 Penyebab Batu Ginjal Yang Sering Tidak Di Sadari

penyebab batu ginjal
Penyebab batu ginjal tentunya akan sangat bermacam-macam. Untuk itu kita sangat penting untuk mengetahui apa yang bisa menjadi penyebabnya. Sebelum mengetahui apa saja penyebab batu ginjal, lebih baik kita simak dahulu tentang penyakit batu ginjal di bawah ini.

Batu ginjal adalah salah satu kondisi dimana terdapat benda yang cukup keras, biasanya seperti batu yang terdapat di dalam organ ginjal manusia. Jika anda mengalami suatu kondisi gejala batu ginjal tersebut, biasanya pada saat buang air kecil akan mengeluarkan rasa sakit dan bahkan bisa di tandai dengan pendarahan.

Jenis Jenis Batu Ginjal

Batu ginjal terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, tergantung apa yang menjadi penyebabnya dan apa materi yang akan membentuk batu ginjal tersebut. Berikut ini beberapa jenis batu ginjal diantaranya adalah sebagai berikut :

Batu kalsium, Penyakit batu ginjal jenis ini merupakan gejala yang paling sering terjadi. Penyebab batu ginjal ini adalah kalsium oksalat. Yan mana di pengaruhi oleh ekskresi kalsium di dalam tubuh yang tinggi.

Batu Asam Urat, Batu ginjal ini merupakan yang terbentuk dari pH urin anda sendiri. Berada di dalam keadaan asam dalam jangka waktu yang sangat lama. Jika konsentrasi asam urat bisa meningkat di dalam urin. Maka asam urat akan membentuk suatu batu dari asam urat itu sendiri.

Batu Cystine, Penyebab batu ginjal jenis ini di akibatkan oleh kelainan genetik yang menyebabkan cystine akan keluar dari ginjal yang menuju urin yang akan membentuk sebuah kristal yang lama kelamaan akan berubah menjadi batu.

Batu Struvite, penyebab batu ginjal yang satu ini adalah hasil dari infeksi pada ginjal. Cara penanganannya yaitu dengan membuang batu dari saluran kemih dan mencegah infeksi datang kembali, agar tidak membentuk batu lagi.

Penyebab Batu Ginjal Yang Terbentuk Di Dalam Ginjal

Gangguan Pencernaan

Penyebab batu ginjal yang pertama yakni karena ada beberapa gangguan pada pencernaan, seperti diare. Gangguan pencernaan tersebut ternyata bisa meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal dari kalsium oksalat. Diare akan memicu hilangnya sejumlah cairan di dalam tubuh. Sehingga akan menurunkan volume air kencingnya. Selain itu, tubuh anda akan kmenyerap kalsium oksalat yang berlebihan dari usus. Sehingga akan menghasilkan oksalat lebih banyak lagi di dalam urine anda. Intinya, diantara volume urin serta kadar oksalat yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat.

Urin Yang Sedikit

Penyebab batu ginjal yang ke dua yakni karena sedikitnya cairan urin yang keluar. Volume urin yang rendah bisa di sebabkan oleh dehidrasi, olahraga yang terlalu keras dan berlebihan, sering terdiam di tempat yang panas, dan kurangnya minum air putih. Cairan urin yang sedikit juga cenderung akan berwarna gelap.

Dengan mencegah terjadinya batu ginjal, bisa di lakukan dengan cara meningkatkan suatu asupan cairan. Yang mana cairan di dalam tubuh yang banyak terjadi juga bisa mencairkan kandungan garam di dalam tubuh anda. Hal tersebut sangat berguna bisa mengurangi resiko pembentukan pada ginjal anda.

Faktor Keturunan

Penyakit batu ginjal akan lebih mudah terjadi saat anda memiliki riwayat keluarga yang serupa. Biasanya, anda juga akan mengalami suatu kondisi ini jika ada orang tua atau saudara kandung yang memiliki kondisi batu ginjal.

Diet Yang Berlebihan

Siapa yang akan menyangka, diet yang selam ini anda pikir akan menyehatkan. Ternyata malah bisa menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Diet tersebut bisa memengaruhi terbentuknya batu ginjal. Mengapa bisa demikian ? Penelitian telah menunjukan, bahwa diet tinggi garam bisa meningkatkan jumlah kalsium yang harus di proses oleh ginjal. Hal ini bisa meningkatkan resiko terhadap pembentukan batu ginjal.

Kelainan Bawaan

Terdapat beberapa kelainan bawaan yang biasanya juga bisa menjadi penyebab batu ginjak terbentuk. Contohnya seperti Cystinuria, yaitu suatu kondisi tubuh yang terlalu banyak mengandung asam amino sistin di dalam nurin. Serta hipealuraluria primer, dimana akhirnya hati akan membuat terlalu banyak zat oksalat.

Dampak Dari Obat Tertentu

Beberapa obat ataupun minuman suplemen kalsium dan Vitamin C bisa meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal. Pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakan obat ataupun suplemen tertentu. Karena dari beberapa zat bisa memengaruhi risiko pembentukan batu ginjal tersebut.

Itulah beberapa penyebab batu ginjal yang sering banyak orang tidak menyadarinya. Dalam mencegah gejala batu ginjal sebenarnya sangatlah mudah. Yaitu cukup dengan mngkonsumsi air putih minimal 8 gelas perharinya. Dan juga harus membatasi makanan ataupun suplemen yang bisa menyebabkan batu ginjal menjadi semakin berkembang dan tumbuh di dalam organ ginjal anda.

Rawat Dan Sayangilah Ginjal Anda, Karena Ginjal Merupakan Organ Yang Sangat Penting Untuk Berlangsungnya Hidup Anda..!!

0 comments

Post a Comment