5/23/18

MENCEGAH BATU GINJAL KAMBUH MENURUT ILMU KEDOKTERAN


 MENCEGAH BATU GINJAL KAMBUH MENURUT ILMU KEDOKTERAN

Di indonesia Penyakit batu ginjal ini sudah tidak asing lagi. Penyakit ini sangat berbahaya bisa sampai menyebabkan kematian.
Batu ginjal bisa di obati dengan cara mengkonsumsi obat obatan, sinar laser, dan operasi. Tetapi meskipun sudah di obati dengan cara tersebut tidak jarang juga suka ada orang yang merasakan batu ginjal itu kambuh lagi. Tapi tenang saja anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mencegah batu ginjal kambuh menurut ilmu kedokteran.

Batu ginjal merupakan endapan yang keras terbentuk dari zat pada air kencing. Proses tersebut di sebut nepholithiasis. Ukuran batu ginjal biasanya sangatlah kecil atau sekitar beberapa inci. Batu Staghorn adalah Ukuran yang lebih besar bisa mengisi saluran yang membawa air kencing dari ginjal sampai ke kandung kemih. ( Artikel lain : Makanan Yang Baik Penderita Batu Ginjal )

Penderita batu ginjal biasanya berusia di atas 40 tahun, Batu ginjal ini bisa di diatasi dengan mengurangi faktor yang berisiko untuk kesehatan anda. 
Gejala batu ginjal yang umum yaitu :

A.Sakit pinggang,selangkangan,paha, dan kemaluan,
B.Darah dalam urin,
C. Mual dan muntah muntah.

Bagi anda yang sedang menderita penyakit batu ginjal kemungkinan anda sering tidak menjaga pola makan anda.  Jika anda mengonsumsi jenis makanan yang mengandung oksalat dan meminum minum yang mengandung alkohol kemungkinan penyakit batu ginjal anda akan kambuh kembali.

Berikut ini resiko dari penyebab batu ginjal :

- Anda mengalami Obesitas
- Jika anda mempunya riwayat kesehatan keluarga dengan kondisi batu ginjal atau juga memiliki penyakit ginjal lain.
- Anda tidak terbiasa minum air putih mencukupi
- Anda sering memakan makanan yang memiliki kandungan garam,protein dan gula yang tinggi
- Anda sebelumnya pernah mengalami radang usus dan gangguan organ pencernaahn lainnya.

Secara umum pengobatan yang dilakukan oleh para dokter untuk penyebab batu ginjal yaitu dengan obat anti biotik tujuannya untuk mencegah terjadinya infeksi dan mengurangi rasa sakit. Waktu pemberiannya selama 5-10 hari. Jika batunya sangat besar kemungkinan di obatinya dengan cara operasi. 

Untuk itu anda harus simak baik baik cara mencegah batu ginjal ini :

1.Anda harus sering minum air putih 3 liter sehari, Karena air putih bisa menghancurkan sedikit demi sedikit batu ginjal
2.Anda juga harus membatasi makan dan minuman yang mengandung zat zat yang berpotensi dapat membentuk batu ginjal kembali. Seperti Zat oksalat, Suplemen Kalsium dan protein hewani.
3.Untuk mencegah batu ginjal kambuh kembali anda harus sering olahraga dengan teratur.
4.Tidak Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan oksalat
5.Menghindari makan yang memiliki kandungan garam dan protein yang tinggi
6.Mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan kalsium
7.Anda juga bisa meminum air lemon selain air putih, Karen lemon mengandung sitrat yang merupakan bahan kimia untuk mencegah pembentukan batu kalsium pada tubuh anda.
8.Anda juga bisa meminum cuka apel karena cuka apel memiliki kandungan asam sirat. Cuka apel juga bisa mencegah pembentukan batu baru

Bagi anda penderita penyakit batu ginjal dan tidak ingin kambuh lagi lebih baik anda mengikut cara tersebut dan bisa melakukan pengobatan tradisional batu ginjal. Itulah cara mencegah batu ginjal agar tidak kambuh kembali dan perlu di ingat anda haru sering sering berkonsultasi ke dokter jika anda merasakan gejala gejala tersebut. Semoga bermanfaat !

RELATED :

0 comments

Post a Comment