11/13/18

Mengenal Penyakit Tukak Lambung dan Cara Mengobatinya Dengan Mudah di Rumah


Tukak lambung atau ulkus peptikus, peptic ulcer adalah sebuah luka yang timbul di dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum), kerongkongan (esofagus). Tukak lambung bisa menyebabkan ras sakit pada bagian lambung bakan bisa berakibat pendarahan dalam kasus yang parah.

Penyakit ini akan menyerang semua orang. Meski begitu, pria diatas 60 tahun sangat rawan sekali terkena risiko yang lebih tinggi. Tukak lambung dapat saja diobati hingga kelar jika penyebab utama pemicu penyakit tukak lambung terdeteksi atau diketahui.

Gejala Tukak Lambung


Berikut adalah gejala tukak lambung yang harus Anda ketahui :


1. Sakit Perut

Sensasi rasa sakit seperti di tusuk, atau sensai terbakar di perut, itu karena di dalam lambung ada luka. Bila rasa sakit itu dibiarkan, tubuh tidak akan bisa menahannya lagi lalu sakit dan keadaan lambung menjadi semakin darurat. Ketika kondisi luka di lambung sudah pada akut, rasa terbakarnya juga akan lebih terasa ketimbang sensasi rasa tertusuknya.Maka dari itu periksalah dan konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan.

2. Muntah dan Mual

Rasa mual dan muntah umumnya terjadi pada seseorang yang mengalami gejala pencernaan. Saat seseorang mengalami mual dan muntah sebaiknya beristirahatlah. Memaksakan diri untuk beraktivitas, hanya akan membuat diri seseorang tersiksa dan akan memperparah gejala mual dan muntah. Rasa sakit di lambung adalah ketika lambung mengalami luka. Jika dibiasakan mengkonsumsi makanan asam, dan pedas, maka akan memperparah rasa sakit di area luka lambung. 

3. Perut Terasa Kembung dan Tidak Nyaman

Ada rasa tidak nyaman dan seperti kembungsatt lambung terluka, ini karena disebabkan oleh asam lambung yang naik yang mana akan membuat perut terasa penuh dan kembung. Anda bisa mencari masalah dengan berkonsultasi langsung dengan dokter, apabila gejala semakin mengganggu kehidupan.

4. Nafsu Makan Menjadi Kurang

Nafsu makan yang menurun dapat disebabkan oleh gejala sakit lambung. Makan merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi tersebut doiperlukan untuk menunjang kesehatan seseorang. Nutrisi yang berkurang akan mengakibatkan dampak b uruk sehingga kesehatan tubuh menurun.

5. Tenggorokan Sakit

Ketika mengalami sakit tenggorokan, ini adalah kondisi yang pada umumnya seseorang akan menderita sakit batuk atau flu. Tapi tidak hanya sebagai tanda akan mengalami gejala batuk dan flu, bisa jadi ini akan menandakan adanya luka di area lambung. Ketika rasa sakit di lambung kambuh, maka tenggorokan pun tidak akan bekerja secara maksimal.

Rasa sakit akan mengganggu sehingga bila ingin menelan makanan  pun jadi tidak nyaman. 

6. Air Liur yang Berlebihan

Saat lambung terluka, air liur akan mengeluarkan lebih banyak dari biasanya. Bila hal ini terjadi pada Anda, apalagi rasa tidask nyaman di perut, tentu Anda bisa menebak bahwa ada gejala tukak lambung yang bermasalah. Penderita ini khusus bagi orang yang terkena penyakit tukak lambung.

7. Bau Mulut

Bau mulut bisa timbul sebagai petanda adanya luka pada lambung Anda.

itulah beberapa gejala tukak lambung yang haru Anda wapadai sejak dini. 

Penyebab Terjadina Tukak Lambung


Penyakit ini tidak terjadi tiba - tiba, tantu dibalik penyakit ini ada faktor yang berperan sehingga terjadilah pengikisan pada bagian lapisan lambung. 


Keadaan itu menjadikan ke tidak seimbangan antara peningkatan kadar asam lambung dan menipisnya selaput perlindugan lambung berisiko penyakit tukak lambung.

Secara keseluruhan penyebab terjadinya tukak lambung meliputi :

- Infeksi Helicobacter pylori : Bakteri seperti ini memproduksi toksin untuk menipiskan selaput pelindung, merusak jaringan lambung dan mempertambah asam lambung.
- Penggunaan obat anti-implamasi non-steroid (OAINS) jangka panjang, akan meningkatkan risiko ulkus lambung, terutama pada kaum jompo.
- Meminum minuman keras : jumlah alkohol yang banyak akan menipiskan selaput lendir/pelindung dan meningkatkan asam.
- Makanan dan minuman tertentu : seperti makanan pedas, minuman berkafein (kopi, teh, bersoda) merokok dan juga stress.

Cara Mengobati Tukak Lambung Dengan Ramuan Alami

Berikut ini adalah cara sederhana mengobati tukak lambung dengan ramuan tradisional ini, diantaranya :

1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji banyak digunakan mengobati diare, sakit maag dan bisa untuk penyakit tukak lambung, karena senyawa antibakterinya yang kuat, yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara nya pun sangan mudah sekali, cukup sediakan 9 lembar daun jambu biji, lalu tambahkan air 1,5 liter yang bisa dimasak hingga airnya mengalami perubahan warna coklat seperti teh. Tunggu hingga air rebusan berkurang menjadi 1 liter. Setelah itu saring lalu sajikan untuk dikonsumsi. Anda bisa menambahkannya 2 sdm madu sebagai pemanis alaminya. Gunakan cara ini minimal 2 kali sehari setiap harinya.

2. Pisang

Tak disangka, pisang juga bisa untuk melindungi lambung dan mengobati tukak lambung. Kandunga didalam pisang mengandung banyak sekali mineral potassium (kalium) yang berperan penting untuk obat antasida dengan menetralkan pH dalam lambung. Bukan hanya itu, pisangg juga membantu mengembalikan elektrolit pH tubuh setelah mual dan muntah akibat tukak lambung.

Cara memanfaatkannya, Anda cukup memakan 3 pisang matang setiap harinya.

3. Kelapa Hijau Muda

Bukan hanya airnya yang segar, tapi beberapa cangkir santan segar atau air kelapa setiap harinya. Jangan lupa makan daging nya juga.


4. Bawang Putih

Kata ahli medis, didalam bawang putih ini memiliki kandungan anti-bakterial dan anti-mikroba yang mampu bisa menghalangi perkembangan bakteri H.pylor.

Caranya mudah, Anda cukup memakan 2-3 siung bawang putih setiap harinya untuk meredakan radang lambung dan mencegah tumbuhnya tukak lambung.

5. Madu

Cairan yang berasal dari hewan lebah ini ternyata sangat bermanfaat dan banyak diketahui kandungan antiibakterial yang tinggi untuk mengobati tukak lambung. 

Luka yang terjadi di bagian lambung akan berangsur sembuh, karena anti-bakterialnya mampu dilapisi oleh madu sehingga rasa perih akan berkurang. Konsumsilah madu asli, bukan madu yang dijual di pasaran. Karena madu murni lebih baik dari madu pabrikan.


Itulah beberapa mengenal penyakit tukak lambung dan cara mengobatinya dengan mudah di rumah.

0 comments

Post a Comment