11/13/18

Penyebab dan Gejala Terjadinya Osteoporosis yang Tidak Anda Ketahui

Osteoporosis adalah keroposnya tulang yang akan berisiko patah tulang, terutamanya di pinggul, tulang belakang, dan juga pergelangan tangan.


Selain itu osteoporosis juga ada kaitannya dengan kelainan tulang berupa kepadatan tulang yang menurun. Pengeroposan tersebut akibat dari kekurangan kalsium  atau disebut tulang berpori. Kondisi ini membuat tulang keropos dan rawan retak.

Meski begitu, Anda jangan sampai panik terkena osteoporosis karena, jaringan tulang terus akan diperbaharui dan tulang baru akan menggantikan tulang yang sudah tua. Dengan cara ini, tubuh harus mempertahankan kepadatan tulang yang integritas dan strukturnya.

Kepadatan tulang memuncak ketika seseorang menginjak usia 30 tahun. Ketika usia 35 tahun, tulang menjadi lebih lemah. Seiring menuanya usia, tulang akan lebih cepat rusak daripada yang terbentuk. Jika hal ini terjadi secara berlebihan, dampaknya adalah muncul penyakit osteoporosis.

Penyebab Osteoporosis


Tulang merupakan organ tubuh yang trus tumbuh. Tulang vakan berubah sepanjang hidup, beberapa sel tulang larut dan akan tumbuh bertumbuh sel tulang baru atau disebut remodeling. Namun bagi penderita osteoporosis, proses pengeroposannya akan lebih cepat dibanding proses remodeling. Lalu apa saja kah penyebab osteoporosis? Berikut ulasannya :

1. Penyebab Osteoporosis Pada Perempuan

Pada umumnya hal tersebut akibat kekurangan kadar estrogen pada wanita. menurut Paul Mystkowski, MD, seorang ahli endokrinologi di Virginia Mason Medical Center. Pengeroposan tulang terjadi lebih cepat setelah menopause, saat dimana seorang wanita kehilangan banyak estrogen. Seiring berlalunya waktu, risiko osteoporosis dan patah tulang semakin meningkat karena proses pengeroposan tulang lebih cepat dibandingkan proses remodeling. Seorang wanita yang telah menjalani operasi pengangkatan ovarium juga bisa mengalami osteoporosis dan kondisi kepadatan tulang yang rendah.

2. Penyebab Osteoporosis Pada Pria

Semua pria membutuhkan hormon testoteron dan juga estogen yang memadai untuk menjaga kepadatan tulang. Sebab tubuh pria testoteron menjadi estogen yang memberi makan tulang.

3. Osteoporosis Penyebab Kurangnya Kalsium

Tanpa kalsium, tulang tidak bisa banyak berkutik. Maksudnya Tubuh tidak sanggup membangun lagi sel tulang baru selama proses produksi remodeling tulang. Tulang merupakan tumpukkan dari dua mineral, kalsium dan fosfor. Anda harus membutuhkan kadar kalsium yang stabil dalam darah karena banyak organ, terutamanya ialah jantung, otot, dan saraf, semua bergantung pada kalsium. Ketika organ di dalamnya membutuhkan kalsium yang seimbang, mereka akan segan - segan mengambilnya dari tempat penyimpanan mineral di tulang. Semakin lama tulang akan semakin rapuh seperti kayu tua yang dimakan serangga, itu semua akibat persediaan kalsium dalam tulang semakin menipis.

4. Osteoporosis Penyebab Kurangnya Vitamin D

Bukan hanya kekurangan kalsium, tapi kekurangan vitamin D juga bisa mengakibatkan tulang makin keropos. Vitamin D yang aktif disebut kalsitriol, lebhih mirip dengan hormon daripada Vitamin lainnya. Diantara banyaknya manfaat didalam vitamin D tersebut, salah satunya ialah membantu tubuh menyerap dan juga menggunakan kalsium.

Akibat kekurangan vitamin D tersebut yang menyebabkan osteoporosis adalah faktor gaya hidup sehari - hari yang dilakukan tanpa disadari penyebab terjadinya penyakit osteoporosis. Kebiasaan tersebut adalah :

- Terlalu banyak istirahat, semakin sering beristirahat (santai) maka akan semakin rawan juga terkena penyakit osteoporosis, ini karena tulang tidak sama sekali digerakkan untuk beraktifitas.  Maka dari itu biasakan berolahraga setiap pagi, dan sore.

- Terlalu banyak makan daging, memang daging baik untuk pembentukkan otot. Namun diet tinggi protein dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak sekali kalsium. 

- Banyak mengkonsumsi makanan asin, karena kebiasaan makan asin akan menyebabkan osteoporosis. Karena di dalam asin mengandung banyak garam, yang menyebabkan ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan natrium, saat itu juga kasium akan ikut terbuang sia - sia.

- Kurangnya mendapat sinar matahari, setiap orang sangat membutuhkan cahaya sinar matahari sebagai sumber vitamin D di dalam tubuh.

- Meminum Alkohol, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berakohol atau miras, akan menghambat penyerapan kalsiu. Selain itu alkohol juga dapat memengaruhi pankreas dan hati, yang berpengaruh pada jumlah kalsium dan vitamin D di dalam tubuh. Alkohol juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hal tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang.

Gejala Osteoporosis


1. Tulang Rapuh
2. Tinggi badan berkurang
3. Postur tubuh yang jelek
4. Kuku di tangan maupun kaki rapuh
5. Sering malas - malasan
6. Sakit pada otot dan sendi
7. Nyeri punggung



Itulah beberapa Penyebab dan Gejala Terjadinya Osteoporosis yang Tidak Anda Sadari. Seringlah berolahraga dan memakan makanan yang sehat, agar terhindar dari penyakit osteoporosis. 

0 comments

Post a Comment