11/12/18

4 Tanaman Herbal Paling Ampuh Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Efek Samping


Kencing batu atau batu ginjal adalah endapan keras dari zat yang terbentuk di air kencing. Proses tersebut adalah nepholithiasis. Penyakit kencing batu atau batu ginjal pada umumnya berukuran kecil sebesar batu krikil atau bisa beberapa inci. Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorma.

Gejala Batu Ginjal


Pada umumnya gejala batu ginjal atau kencing batu diawali dengan nyeri di pinggang. Bukan hanya itu, gejala batu ginjal akan timbul rasa sakit yang cecara tiba - tiba dengan sakit yang dahsyat.

Rasa sakit yang dahsyat tersebut akan menyebar ke bagian sekitar tulang punggung, perut dibagian bawah, lipat paha, disekitar kemaluan dan bagian yang lainnya.

Sakit pinggang akan kembali terasa ketika kita ingin buang air kecil, namun air urin nya tidak seperti biasanya berwarna putih, tapi memiliki warna pink, coklat atau merah. Air urin akan berubah menandakan bahwa batu ginjal terbentuk sumbatan, diantaranya :

- Nyeri pingang disertai dengan gejala panas dan mengigil.
- Nyeri pinggang terasa di bagian belakang atau samping.
- Ketika sedang buang air besar, pnggang terasa nyeri.
- Saat buang air kecil akan mengeluarkan nanah dan darah.
- Bau urin yang tidak sedap dan busuk.
- Ketika nyeri akan muncul rasa muntah.
- Sering buang air kecil, tapi mengeluarkan urinnya sedikit - sedikit.
- Perut terasa tegang bila sakit pnggang.
- Rasa nyeri pun timbul di punggung bawah.
- Nyeri saraf menuju bokong.

Nyeri di bagian pinggang setiap orang berfariasi tergantung tahap kronisnya yang ia derita. Namun terkadang, rasa sakit akan berpindah - pindah, maksudnya tidak hanya di area tertentu saja. Maka bila gejala tersebut sudah mengalami diri Anda, segeralah Anda berkonsultasi dengan dokter agar Anda mengetahui lebih lanjut penyakit yang Anda derita saat ini.

Penyebab Batu Ginjal atau Kencing Batu


Penyakit kencing batu ini menunjukkan jika penderita benar - benar ada batu di dalam kandung kemih atau kulkulas uriner, sehingga menjadi penyebab utama sakit saat buang air besar. Secara umum penyakit ini akan mengakibatkan timbulnya gejala sakit pada bagian pinggang kiri dan kanan. Sebagian banyak orang yang menderita penyakit batu ginjal mengalami kencing yang mengeluarkan darah. Hal seperti tersebut dikarenakan adanya benda seperti batu kerikil pada saluran kemih yang dimana akan menyebabkan nyeri, penyumbatan aliran kemih (infeksi), pendarahan.

Penyebab utama terjadinya batu ginjal atau kencing batu adalah pola makan yang tidak sehat atau buruk. Berikut adalah ulasa detailnya :

1. Pola Makan Yang Tidak Seimbang atau Buruk

Anda yang terbiasa diet untuk menurunkan berat badan dengan cara yang tidak tepat juga akan mengakibatkan batu ginjal atau kencing batu. Maka dari itu, jangan biasakan konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat, gula, dan juga garam karena bisa membuat kinerja kelenjar kandung kemih mengalami masalah. Kondisi ini bisa juga terjadi paa orang yang kekurangan vitamin A dan B.

2. Membesarnya Ukuran Prostat

Pria semua memiliki kelenjar prostat yang letaknya di bagian penis dan kandungan kemih. Prostat ini mengeilingi bagian uretra hingga tabung, sementara itu urin akan melewati tabung tersebut sebelum keluar. Orang dewasa hingga lanjut usia sering mengalami hal ini itu karena faktor tertentu.

Akibatnya prostat mengalami ukuran yang besar dan akan menekan bagian urena. Dalam jangka panjang kondisi tersebut akan menyebabkan aliran di bagian urin dari kandung kemih menjadi tidaklah lancar. Tanda - tanda sering mengalami pembesaran prostat adalah seringnya buang air kecil dan terlihat seperti penyebab anyang - anyang . Perawatan seperti ini sangat diperlukan untuk mengatasi ukuran pembesaran prostat. Jika hal tersebut tidak mendapat perawatan yang serius maka kan membentuk seperti batu kerikil pada bagian area kandung kemih.

3. Kurang Cairan

Orang yang tidak mendapat cairan air mineral dalam julmah yang cukup, maka akan rentan terkena kencing batu. Kekurangan cairan bukan hanya menyebabkan dehidrasi saja, tetapi bisa merusak sistem kinerja di beberapa organ dalam tubuh. Kemungkinan ginjal tidak bisa bekerja secara maksimal, sehingga hanya sedikit racun yang disarangi oleh tubuh. Hal seperti ini bisa saja menyebabkan terbentuknya batu apda area kandung kemih karena terlalu banyak kotoran yang menumpuk dalam kandungan kemih dan tidak bisa bersih sepenuhnya. Jadi bahaya akibat kurang minum air mineral bisa merusak sistem kinerja pada kandung kemih.

4. Kelebihan Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun mengkonsumsi terlalu banyak kalsium sangat tidak baik untuk kesehatan karena akan menjadi penyebab kencing batu. Kalsium berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari - hari, diantaranya susu, telur dan daging. Sementara itu kalsium bisa saja berasal dari minuman atau tablet suplemen yang mudah ditemui di pasaran.Maka dari itu disarankan agar mengkonsumsi kalsium secukupnya saja, dan jangan terlalu berlebihan.

5. Peradangan di Area Kandung Kemih

Peradangan pada kandungan kemih menyebabkan terjadinya batu pada aliran kemih. Akibat dari peradangan tersebutr bisa dikarenakan infeksi pada saluran kencing dan terapi radiasi yang ditujukan untuk daerah panggul. Selain itu bahaya akibat menahan kencing terlalu lama bisa juga menyebabkan peradangan pada area kandung kemih. 

7. Terbentuknya Batu Ginjal

Batu ginjal dan kencing batu adalah penyakit yang berbeda. Namun semua menderita batu ginjal memiliki risiko kencing batu. Kondisi seperti ini dikarenakan beberapa batu kecil yang asalnya dari ginjal keluar menuju ereter. Lalu dari ureter akan mengikuti aliran hingga menuju kandung kemih. Jika hal tersebut tidak di hilangkan maka batu kecil akan menyebakan timbulnya kencing batu.

Cara Mengobati Batu Ginjal atau Kecing Batu

Bila gejala batu ginjal atau kencing batu terjadi pada diri Anda, maka segeralah berkonsultasi dan periksa oleh dokter agar mendapat perawatan insentif. 


Namun ada cara lain untuk mengobati batu ginjal dan kencing batu dengan tanaman herbal yang bisa Anda buatnya sendiri di rumah, dan hasilnya juga akan sempurna karena terbuat dari ekstrak herbal yang menjanjikan pencegahan dan kesembuhan bagi penderitanya tanpa efek samping. Berikut adalah 4 tanaman herbal yang ampuh mengatasi batu ginjal atau kencing batu secara alami tanpa efek samping, diantaranya :

1. Daun Alpukat

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi daunnya juga sangat bermanfaat sekali untuk mengatasi penyakit batu ginjal atau kencing batu. Nuah dan daun alpukat mengandung saponin dan flavonoid. Bukan hanya itu buahnya juga mengandung tanin dan daunnya mengandung polifenol, quersetin, gula alkohot persiit yang ampuh untuk menyembukan penyakit batu ginjal dan kencing batu.

Cara mengolahnya menjadi obat herbal, yaitu :

  •  Bahan - 4 lembar daun alpukat yang masih segar dan bersih, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 potong gula enau (gula aren).
  •  Cara membuatnya - Bahan dicuci hingga bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga tersisa 2 atau ¼  gelas. Setelah dingin lalu disaring dan minum sehari 3 kali sebanyak ¾ gelas.


2. Daun Seledri

Dau seledri adalah salah satu ramuan yang dapat mencegah dan memecah batu ginjal. Bahan ini juga merupakan sumber flavonoid dan anti-oksidan yang sanggup melawan radikal bebas dan mengadung asam folat, vitamin E dan vitamin K.

Cara membuatnya menjadi ramuan herbal :

  • Bahan - 4 batang seledri segar, 1 lemon, dan ½ mentimun.
  • Cara mengolahnya : - Rebus daun seledri selama 15 menit. Lalu kupas dan potong mentimun kecil - kecil lalu peras lemon kedalam sebuah mangkuk. Kemudian dinginkanlah air rebusan tersebut dan diamkan selama selama semalaman hingga semua rasa bercampur dengan satu sama lain. Setelah di diamkan semalaman lalu saring dan minum segelas sehari setiap harinya hingga penyakit mereda.


3. Lemon

Lemon adalah buah kuning yang rasanya masam dan segar. Buah ini ternyata menyimpan banyak sekali khasiat didalamnya untuk mengobati batu ginjal dan kencing batu. Lemon mengandung kombinasi antara vitamin C, thiamin, riboflavin, asam pantothenic, zat besi dan mangnesium. Sementara itu lemon memiliki serat mulai dari vitamin B6, kalium, asam folat dan pottasium.

Senyawa asam sitrat dalam buah lemon dapat mencegah pembentukan batu ginbjal dengan meningkatkan kadar asam dalam urin. Potassium citrate, formula ini yang mampu mengobati batu ginjal. Maka dari itu dianjurkan mengkonsumsi buah lemon ini dua hingga empat ons (200-400 gr) jus per harinya.

4.Mengkudu

Mengkudu adalah buah yang memiliki rasa, dan bentuk yang sangat tidak menarik dan penting oleh semua orang. Karena rasa buah mengkudu ini sangat pahit dan romanya yang bau ynag dimana orang tidak tahan untik mengkonsumsinya. Ternyata dibalik rasanya yang pahit dan bau, buah mengkudu memiliki banyak sekali mineral serta nutrisi seperti vitamin Cn protein, anti-oksidan, karbohidrat, enzim, alkoloid dan acubin.

Makanlah buah mengkudu secara rutin satu kali sehari, ataun bila tidak suka dengan rasanya yang bau bisa di blender dengan tambahan 4 sdm madu sebagai pemanis alaminya.


Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa Anda buat sebagai ramuan herbal untuk mengobati batu ginjal atau kencing batu secara tuntas.

0 comments

Post a Comment