2/27/18

Penyebab Demam Tinggi Pada Malam Hari

penyebab demam tinggi pada malam hari
Demam merupakan gejala yang sering di alami oleh banyak orang terutama pada malam hari. Pada saat mereka akan terkena flu atau ketika sistem kekebalan tubuhnya mulai terganggu. Lantas, apa yang menjadi Penyebab demam tinggi pada malam hari ?

Kondisi demam ini bisa di alami oleh siapa saja. Ketika pada siang hari mereka masih merasa segar bugar. Namun, tiba-tiba pada malam harinya terasa demam yang tinggi. Selain karena tidak sehat, demam yang terjadi pada malam hari juga seringkali akan mengganggu tidur anda, sehingga keesokan paginya anda akan merasa kelelahan.

Lalu, apa penyebab demam tinggi pada malam hari ? Berikut ini adalah beberapa hal yang berkemungkinan bisa menyebabkan demam terjadi pada malam hari.

Penyebab Demam Tinggi Pada Malam Hari

Terdapat beberapa jenis demam yang bisa di alami oleh tubuh yang mana saja, tergantung peningkatan suhu tubuh yang baru akan terjadi pada malam hari dan kemudian akan reda pada pagi harinya.

Jenis demam ini bisa berlangsung selama berhari-hari, ketika demam tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Peningkatan suhu tubuh bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab suhu badan yang terasa panas pada malam hari. Diantaranya yaitu :

1. Dehidrasi

Penyebab suhu badan yang panasnya sering timbul pada malam hari, bisa di sebabkan oleh tubuh yang sedang mengalami dehidrasi yang di akibatkan kehilangan banyak cairan pada tubuhnya. Keluarnya cairan pada tubuh bisa berupa keringat, yang merupakan sebagai cara tubuh untuk menyeimbangkan kembali suhu tubuh yang di akibatkan demam yang di alaminya.

Dehidrasi ini apabila tidak segera di tangani dengan cepat, maka tentunya bisa membuat suhu badan menjadi panas pada saat malam hari. Untuk mengatasi dehidrasi ini, anda di anjurkan untuk banyak meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Bisa di tambah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa memberikan caira tambahan bagi tubuh.

2. Perubahan Cuaca


Dengan berubahnya cuaca juga bisa menjadi penyebab demam tinggi pada malam hari yang menyerang anda. Dengan cara berubah, dari satu musim ke musim yang lainnya yang bisa mendorong kemungkinan tubuh untuk lebih mudah terserang beberapa jenis penyakit. Termasuk demam yang sangat tinggi ini.

Berubahnya cuaca secara tidak langsung akan di rasakan oleh tubuh, salah satunya yaitu suhu tubuh yang mulai lemah dan demam yang semakin tinggi pada malam hari. Suhu badan yang tiba-tiba tinggi bisa di atasi dengan obat penurun demam.

3. Suhu Ruangan Yang Terlalu Panas


Pada saat tubuh berada di dalam suatu ruangan tertutup yang memiliki suhu panas yang berlebihan pada malam hari, akibat dari kurangnya ventilasi udara yang berdampak pada peningkatan suhu tubuhnya. Tubuh ketika berada di dalam kondisi ini juga akan merasakan panas, sehingga badan yang panas mungkin saja akan terjadi karena tubuh kita yang akan merespon hal ini.

4. Kelelahan


Tubuh yang mengalami kelelahan, yang di akibatkan karena terlalu banyaknya melakukan aktivitas pada pagi harinya. Maka, akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh. Sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit yang bisa membuat tubuh menjadi semakin panas. Penyebab demam tinggi pada malam hari akibat kelelahan ini, bisa saja terjadi selama tubuh tidak di biarkan untuk beristirahat.

5. Akibat Dari Menggunakan Pakaian Yang Tebal


Penyebab demam tinggi pada malam hari berikutnya yaitu bisa berasal dari penggunaan pakaian yang terlalu tebal. Pakaian yang terlalu tebal ini bisa menghambat pori-pori untuk mendapatkan udara yang lebih luas lagi. Sehingga tubuh akan terasa semakin panas, bahkan ketika sedang tertidur sekalipun.

6. Beraktivitas Di Bawah Sinar Matahari Yang Terlalu Lama


Banyaknya suatu kegiatan yang bisa di lakukan di luar ruangan, tentunya hal ini akan membuat tubuh berada di bawah terik sinar matahari dalam waktu yang lama.

Apabila kegiatan ini di lakukan hanya dalam waktu yang sebentar, tentunya tidak akan terlalu berdampak buruk untuk kesehatan tubuh anda. Selama waktu yang lama, tubuh akan mengalami dehidrasi dan akan berdampak pada saat malam hari saja. Dimana tubuh akan mengalami panas yang bisa berujung pada demam.

7. Infeksi Dari Virus dan Bakteri


Virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh biasanya bisa melalui cara. Seperti bisa melalui makanan dan udara yang sudah terkontaminasi oleh virus dan juga bakteri. Infeksi dari virus ini otomatis bisa menimbulkan gejala pada tubuh. Seperti panas yang bisa berujung pada demam yang sering terjadi pada malam hari.

Beberapa penyebab demam tinggi pada malam hari juga bisa berasal dari kegiatan sehari-hari anda, yang bisa membuat tubuh menjadi kelelahan. Sehingga daya tahan tubuh anda akan cepat menurun. Anda di anjurkan untuk selalu memenuhi asupan nutrisi dan gizi pada tubuh yang cukup pada setiap harinya. Agar bisa membantu untuk menjaga metabolisme tubuh agar selalu di dalam kondisi yang prima. Ya, walaupun sedang banyak-banyaknya aktivitas yang di lakukan sehari-hari oleh anda.

0 comments

Post a Comment