3/9/18

10 Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Kembali

Untuk mencegah sinusitis kambuh sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang  menjadi pemicu penyebab timbulnya penyakit sinusitis.

Sinus adalah suatu kondisi dimana terdapatnya lendir pada bagian rongga sinus yang di sebabkan oleh penyakit sinusitis. Soal sinusitis pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda, karena kondisi ini sebetulnya lebih di kenal dengan salah satu kondisi inflamasi. Inflamasi adalah suatu peradangan yang menyerang pada bagian dinding sinus anda.

Lantas, apa yang menyebabkan penyakit sinusitis itu terjadi ?

Penyebab sinusitis yang paling utama adalah infeksi dari bakteri atau virus. Berikut ini adalah gejala sinusitis yang paling umum terjadi pada anak maupun oranjg dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Batuk-batuk
  • Indera penciuman hilang
  • Mengalami sakit kepala
  • Hidung sering mengeluarkan cairan
  • Rasa nyeri di wajah akan terasa lebih sakit apabila kita menekannya
  • Mengalami demam yang suhunya bisa mencapai 38 derajat Celsius ke atas.
Lubang yang terdapat di hidung biasanya di buka oleh sinus, dan sinus inilah yang menjadi bagian essensial sebagai pengendali kelembaban dan suhu udara ketika masuk ke dalam paru-paru. Sinus terdiri dari 4 pasang pada kerangka manusia, yakni berada di kedua sisi batang hidung, belakang dahi, belakang tulang pipi, dan juga belakang mata. Lendir yang di hasilkan oleh sinus akan mengalir melalui saluran-saluran kecil menuju hidung.

Saluran tersebut akan mengalami suatu penghambatan apabila sinus terkena infeksi bakteri dan juga virus. Dari infeksi tersebutlah saluran akan mengalami peradangan. Namun anda tidak usah khawatir, karena sinusitis bisa di cegah dengan beberapa hal. Berikut merupakan cara mencegah sinusitis agar tidak kambuh diantaranya adalah :

Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Kembali

1. Vaksinasi Influenza


Untuk bisa mencegah sinusitis, ada baiknya anda untuk memperoleh vaksinasi influenza tahunan. Karena flu ada kaitannya dengan sinusitis, apalagi ketika melihat bahwa gejalanya hampir sama. Infeksi sinus mampu di cegah dengan vaksinasi tersebut. Vaksinasi Influenza yaitu yang akan memberikan proteksi kepada anda dari 3-4 jenis penyakit.

Waktu yang di butuhkan agar vaksin biasanya sekitar 2 minggu, dan vaksinasi ini perlu untuk terus di berikan bahkan sampai sesudah berlalunya musim pilek. Perlindunga yang di berikan yaitu dengan menstimulasi reaksi daya tahan tubuh. Tubuh juga akan otomatis terdorong untuk menghasilkan antibodi supaya bisa memberikan perlawanan terhadap virus influenza.

2. Harus Lebih Sering Mencuci Tangan


Kalo kita pikirkan pake logika, memang benar bahwa jarak antara tangan dengan sinus memang cukup jauh. Tetapi bukan berarti tangan kita tidak bisa memicu sinusitis itu terjadi. Penyakit sinusitis biasanya akan muncul dan terjadi, apabila seseorang mengalami pilek ataupun reaksi alergi yang tidak kunjung sembuh. Masuknya virus yang menyerang dan menginfeksi sinus biasanya akibat dari tangan dalam keadaan kotor.

3. Menghindari Alergen


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa sinusitis tidak hanya berkaitan dengan flu saja. Reaksi pada alergi yang timbul dan lama untuk sembuh juga bisa beresiko terkena sinusitis. Maka dari itu, salah satu jalan untuk melakukan pencegahan adalah dengan tidak dekat dengan beberapa pemicu alergen di sekitar kita.

4. Mandilah Pakai Air Hangat


Sebagian orang pasti akan beranggapan bahwa lebih bagus mendi pakai air dingin, karena efeknya juga akan lebih menyegarkan. Namun, terkadang di saat cuaca sedang tak mendukung serta suhu sedang dingin-dinginnya, maka mandi dengan air dingin bukanlah cara yang bagus. Hal tersebut karena, menyebabkan hidung menjadi tersumbat dan bahkan flu.

Maka tidak ada salah nya untuk mencoba mandi menggunakan air hangat. Selain efeknya yang menyenangkan dan merilekskan otot tubuh, uap pada air hangat juga akan membuat dahak yang kental menjadi cair. Otomatis dahak akan menjadi lebih mudah untuk keluar setelah mencair.

5. Perbanyaklah Minum Air Putih


Apakah anda sudah tahu apa saja bahaya akibat dari kekurangan minum air putih ? Tidak hanya menjadikan tubuh mengalami dehidrasi, kekurangan minum air putih juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit. Ketahanan pada tubuh yang baik pun bisa di dukung dengan mengkonsumsi air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas dalam satu harinya, hal ini sudah sangat cukup dan pasti di jamin mampu menolong tubuh agar lebih segar dan bugar lagi.

6. Tidak Merokok


Bagi ada yang mempunyai niat untuk mencoba memulai merokok, lebih baik urungkan dulu niat tersebut sebelum penyakit pernapasan menyerang anda. Bagi anda yang sudah menjadi perokok aktif, maka hentikan segera agar sinusitis bisa segera di cegah dengan baik.

7. Olahraga Dengan Rutin


Melakukan olahrga secara rutin akan membuat daya tahan tubuh anda tetap terjaga dengan baik. Dengan kekebalan tubuh yang normal dan cukup stabil ini, otomatis virus dan juga bakteri tidak akan berani untuk menyerang. Karena virus yang sukses menginfeksi tubuh, kemungkinan tubuh anda sangat lemah. Maka olahraga bisa menjadi solusi pencegahan sinusitis di jamin sangat ampuh.

8. Menjauhi Paparan Asap


Demi mencegah penyakit sinusitis, anda perlu bisa menjauhi paparan asap. Walaupun anda tidak merokok, tetapi anda juga perlu tetap menjauhi asap rokok dan tidak menjadi perokok pasif. Karena menghirup asap rokoknya juga pun, apalagi yang terlalu sering. Hal itu jelas tidak akan baik untuk kesehatan anda.

9. Membatasi Mengkonsumsi Minuman Beralkohol


Jika anda merasa sudah menjadi pecandu minuman beralkohol, sebaiknya segera menjauhi kebiasan buruk ini. Untuk mencegah sinusitis, batasilah mengkonsumsi alkohol. Karena alkohol akan menjadi faktor pemicu terjadinya suatu pembengkakan sinus dan membran hidung. Untuk itu segera hindarilah saat ini juga.

10. Obatilah Sinusitis Dengan Obat Herbal


Khusus untuk cara mencegah dengan langkah yang satu ini, memakai obat sinusitis herbal akan mampu mencegah sinusitis itu kambuh kembali. Dengan menggunakan obat tradisional dari bahan alami jelas sudah terbukti bisa mendukung lancarnya aliran lendir. Contoh obat sinusitis herbal yang pas di jadikan suplemen vitamin yaitu yang berbahan dasar Ekstrak Teripang Emas.

Itulah beberapa cara untuk mencegah sinusitis agar tidak kambuh lagi yang bisa anda lakukan dalam sehari-hari. Jangan biarkan sinusitis menjadi sebuah kondisi komplikasi yang sulit untuk di tangani, atasilah sinusitis sampai tuntas..!!

0 comments

Post a Comment