3/9/18

5 Perawatan Radang Amandel Yang Bisa Anda Lakukan Di Rumah

Perawatan radang amandel yang paling mudah jelaslah hanya dengan menggunakan bahan alami, selain aman juga lebih mempercepat penyembuhan peradangan amandelnya.

Radang amandel atau menurut bahasa medisnya di sebut dengan tonsilitis adalah suatu pembengkakan dan peradangan pada amandel, biasanya di sebabkan oleh suatu infeksi yang di akibatkan oleh bakteri dan virus.

Amandel merupakan garis depan suatu pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Hal itu karena, jika amandel seseorang mengalami pembengkakan, maka bibit penyakit akan sangat mudah untuk menyerang mulut, tenggorokan, paru-paru serta organ tubuh yang lainnya.

Radang amandel yaitu salah satu penyakit yang penularannya bisa sangat cepat dari satu orang ke orang lainnya. Untuk mencegah penularan tersebut, maka cara mengobatinya yaitu harus dengan segera dan tindakan yang sangat tepat. Terdapat banyak obat-obatan untuk radang amandel, tetapi dengan menggunakan obat amandel tradisional akan jauh lebih manjur dari pada obat medis lainnya.

Perawatan Radang Amandel Yang Bisa Di Lakukan Di Rumah

Berikut ini terdapat beberapa obat alami radang amandel yang sangat mudah untuk anda lakukan di rumah, guna untuk meredakan peradangan akibat dari amandel yang membengkak.

1. Air Garam


Perawatan radang amandel yang mudah di lakukan di rumah pertama yaitu dengan menggunakan air garam hangat dengan cara berkumur. Air hangat ini memiliki efek yang bisa menenangkan amandel. Sedangkan garam bisa bertindak sebagai antiseptik alamiah yang mampu membantu mengurangi peradangan dengan membunuh virus dan juga bakteri. Anda bisa mencampurkannya dengan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Lalu, kumur-kumurlah dengan larutan air garam tersebut, namun pastikan anda tidak untuk menelannya.

2. Air Perasan Lemon Dan Madu


Kandungan dari dalam lemon memang tidak perlu untuk di ragukan lagi. Karena lemon memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi. Sehingga lemon sangat ampuh merawat infeksi dan peradangan pada amandel. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya sangat mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu infeksi.

Sebagai obat radang amandel alami, anda bisa menggunakan perasan lemon, garam, dan satu sendok madu, masukanlah semua bahan tersebut ke dalam segelas air putih hangat. Aduklah sampai tercampur semua, lalu minumlah secara perlahan. Lakukanlah rutinitas ini duakali dalam sehari untuk mempercepat penyembuhan.

3. Bawang Putih


Bawang putih juga telah di percaya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena di dalam bawang putih sangat kaya akan kandungan antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral lainnya. Sehingga bawang putih sangat efektif untuk melawan virus akibat radang amandel ini.

4. Kunyit


Kunyit merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan antiseptik alami yang cukup kuat. Jadi sudah tidak heran lagi, jika kunyit mampu membantu melawan infeksi amandel dan bisa melegakan gejala amandel yang sangat mengganggu kegiatan untuk menelan anda.

Caranya yaitu anda bisa menambahkan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit ini. MInumlah ramuan kunyit ini secara rutin pada malam hari. Cara ini sangat di percaya ampuh untuk mempercepat penyembuhan pada radang amandel.

5. Kayu Manis


Ternyata kayu manis juga bisa membantu meredakan radang amandel lhoo..Hal ini di karenakan kayu manis terkenal kaya akan sifat anti mikrobanya, sehingga sangat mampu menghambat pertumkbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya yang terdapat di amandel. Dengan begitu, kayu manis bisa mengurangi rasa sakit akibat dari pembengkakan amandel anda.

Itulah ke 5 cara perawatan radang amandel yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan jika sedang terserang radang amandel ini. Hindarilah makanan yang berminyak seperti gorengan. Lalu anda di anjurkan untuk melakukan banyak istirahat dan pastikan anda segera mengkonsumsi obat radang amandel alami agar tidak memperparah peradangan pada amandel anda. Sehingga anda bisa mempercepat proses penyembuhannya.


0 comments

Post a Comment