11/7/18

5 Pertolongan Pertama mengobati Tersengat Lebah Secara Efektif dan Alami


Saat Beraktivitas di perkebunan atau di hutan sangat mengasyikan. Banyak kegunaan yang bisa anda lakukan ketika sedang berada di dalam hutan. Di dalam hutan kita harus berhati - hati karena banyak sekali hewan yang mengganggu dan juga membahayakan seperti ular, musang, babi, semut, kalajengking, nyamuk dan juga lebah liar.

Namun serangga yang paling menakutkan bukanlah semut merah dan juga kalajengking yang memiliki bisa. Tetapi serangga lebah liar yang warnanya berbentuk hitam kuning kecil bisa sangat mudah Anda jumpai di pepohonan besar maupun kecil. Mereka akan segan segan menyengat bila pohon yang dijadikannya sarang terusik, mereka akan langsung keluar dan mengejar seseorang dengan jumlah yang banyak. Maka dari itu, segera hindari bila Anda menemui pohon yang dijadikan sarang lebah.

Sarang lebah liar bila dipandang dengan mata kepala kita sendiri, akan merasa takut dan ngeri melihatnya. Karena bentuknya yang menakutkan ditambah didalammnya ada miliaran lebah yang sedang membuat madu.


Gejala Sengatan Lebah


Bila lebah menyengat, lebah akan menyuntikkan racun melalui sengat berbentuk seperti jarum ke kulit korban. Reaksi yang terjadi setelahnya bisa berbeda - beda. Gejala yang sering dirasakan mulai bersifat ringan hingga munculnya reaksi alergi yang semakin parah.

pada umumnya sengatan lebah menyebabkan gejala ringan, sperti perih di titik sengatan, bengkak, badan terasa panas dingin dan juga kemerah merahan pada area sengatan. Reaksi sengatan ini akan berangsur selama beberapa jam, hingga ber hari - hari lalu sembuh dengan sendirinya.

Kondisi yang lebih parah diantaranya adalah merah dan juga bengkak yang mana akan semakin besar pada area sengatan. Walau bukan tergolong sebagai reaksi alergi yang serius, gejala ini dapat mengganggu. Kondisi ini umumnya akan berangsur sembuh sekiranya 5 - 14 hari.

Walau pun gejala tersebut jarang terjadi, sebagian yang terkena sengatan lebah dapat mengalami reaksi alergi yang parah, antaralain syok anafilaktik. Korba yang mengalami anafilaktik terhadap sengatan lebah berpotensi mengalami gejala fisik yang mengancam jiwa seseorang dan memerlukan penanganan medis darurat.

Bila Anda suatu saat tak sengaja tersengat lebah, alangkah baiknya Anda segera mengobatinya denga obat alami dibawah ini.
Kami sampaikan berdasarkan pengalaman seseorang yang pernah dan juga sering terkena sengatan lebah  dengan 5 cara pertolongan yang sering mereka lakukan. Diantaranya :

1. Madu

Bukan lelucon semata, ternyata madu yang dibuat oleh si lebah yang suka menyengat ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati sengatan lebah. Dengan mengoleskan sedikit madu ke titik lokasi yang disengat lebah, maka dalam waktu satu jam, rasa nyeri akibat sengatan lebah akan berangsur membaik.

2. Lumpur

Pertolongan pertama selanjutnya, bagi orang yang terkena sengatan lebah yang lokasinya tidak jauh dari pesawahan atau kolam ikan, segeralah ambil lumpur sawah atau kolam ikan. Cara ini dipercaya oleh masyarakat terutama yang sudah merasakan tersengat lebah, cara ini dapat meringankan rasa sakit karena sengatan lebah. Selama masih ada lumpur disekitar. Balurkan ke area yang terkena sengatan, lalu diamkan hingga bengkak mengecil lalu bilas dengan air bersih.

3. Pasta Gigi

Bukan hanya untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa meredakan bengkak akibat sengatan lebah. Pasta gigi juga membantu menetralasikan racun dari sengatan sehingga luka dapat disembuhkan dengan lebih cepat.

4. Daun Pisang

Ambil daun pisang lalu tumbuk hingga halus lalu bubuhkan pada bagian yang tersengat lebah. Getah didalam daun pisang sangat mampu meredakan rasa perih dan bengkak di kulit sehingga mempersingkat penyembuhan.

5. Es Batu

Sekilas tidak bermanfaat, ternyata meredakan sengatan lebah menggunakan es batu sangatlah efektif. Caranya bungkus es batu dengan kain tipis lalu kompreskan selama 20 menit hingga rasa nyeri dan bengkak terasa lumayan.Es batu ini berfungsi melancarkan perdaran darah dan juga meredakan bengkak akibat sengatan lebah.

Itulah beberapa 5 pertolongan pertama mengobati tersengat lebah secara efektif dan alami dengan mudah tanpa harus susah payah mencarinya.

0 comments

Post a Comment