11/7/18

6 Bahan Herbal Sederhana Yang Terbukti Ampuh Mengobati Gigi Ngilu Secara Tuntas


Gigi ngilu atau sering disebut gigi sensitif pada umumnya diakibatkan dari terkikisnya pelindung gigi yang disebut email atau terpapar akar gigi. Gigi jadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan dibawahnya terpapar berbagai rangsangan. Dentin adalah bagian akar dalam gigi yang terinteraksi dengan lubang - lubang kecil yang menuju saraf gigi. kondisi tersebut mengakinatkan paparan dingin, panas dan gesekan keras yang dapat memicu rasa ngilu pada gigi.

Banyak yang mengira, atau anda sering melihatnya di iklan TV bahwa gigi sensitif itu diakibatkan dari makanan dan minuman dingin yang membuat gigi terasa ngilu. Itu tandanya orang mengalami hal yang dikenal sebagai gigi sensitif yang memicu terjadinya gigi ngilu.

Dibawah ini ada beberapa hal - hal penyebab terjadinya gigi ngilu. Agar kondisi tidak berulang kembali, Anda harus segera menghindarinya agar masalah tersebut tidak terulang kembali.

Penyebab Terjadinya Gigi Ngilu

 


1. Kurang Berhati - Hati Saat Menggosok Gigi

Saat Menyikat gigi, Anda harus tahu dan banyak memperhartikan. Ini agar gigi tidak terasa ngilu karena kerusakan pada email gigi. Kebiasaan pada umumnya yang sering dilakukan adalah menyikat atau menggosok gigi terlalu kencang dan kasar atau ditekan.

Anda harus pintar memilih sikat gigi yang benar dan halus untuk menyikat gigi, dan biasakan mengganti sikat gigi baru setelah pemakaian selama 3 bulan sekali secara rutin, dan juga jangan menyikat gigi dengan sikat bekas orang lain.

Hal seperti ini dalam waktu singkat atau lama akan mengakibatkan pengikisan lapisan. akibatnya gigi terasa ngilu dan juga sensitif. Solusi paling jitu yaitu mengganti sikat gigi yang layak dan lembut untuk menyikat gigi, dan sikatlah gigi dengan cara lembut dan halus.

2. Makanan dan Minuman

Makanan dan minunan juga jadi pemicu terjadinya gigi ngilu dan sensitif. Namun tidak semua makanan dan minuman dapat menyebabkan ngilu, tetapi ada beberapa makanan dan minuman pemicu gigi sensitif dan ngilu yang kerap mengganggu aktivitas Anda. Diantaranya sering mengkonsumsi makanan dan minuma yang sangat dingin seperti es krim, es batu, es kopi, minuman dingin bersoda atau terlalu panas seperti kopi, teh, air panas. Hal itu dapat menyebabkan terkikisnya lapisan gigi, dan membuat gigi terasa ngilu.

Bukan hanya makanan dan minuman dingin dan juga panas, tetapi makanan masam seperti lemon, kedongdong, jeruk mentah, kiwi dan acar. Dengan menghindari pantangan makanan dan minuman tersebut bisa menghindari sakit gigi.

3. Menggunakan Pasta Gigi dengan Pemutih

Pasta gigi berbahan kimia untuk memutihkan gigi, bisa juga sebagai permicu terjadinya gigi sensitif. Bahan kimia dalam pasta tersebut kadang terlalu keras yang dapat merusak permukaan area gigi. Alangkah lebih baik Anda beralih ke pasta gigi khusu yang terbukti ampuh untuk mengatasi gigi sensitif.

4. Seing Menggunakan Obat Kumur



Seperti halnya gigi pemutih, beberapa obat kumur dijual di pasaran mengandung alkohol dan juga bahan kimia berbahaya lainnya yang dapat gigi Anda lebih peka, apalagi jika dentin Anda terbuka. Dentin terkoneksi ke pusat saraf gigi. Jadi bila gigi tidak terlindungi, pusat saraf akan rawan terkena rasa sakit.

Jangan cemas, tidak semua obat kumur mengandung alkohol, Anda bisa memilih obat kumur non alkohol yang tertera dibagian merknya. Sebagai pengganti obat kumur yang terbukti mengandung zat alkohol dan kimia, Anda bisa mencoba membersihkan sela - sela gigi dan karang gigi menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di gigi.

5. Penyakit Gusi Akibat Bertambahnya Usia

Bertambahnya usia atau bagi orang yang tidak menjaga kesehatan giginya bisa mengalami penyakit gusi atau radang gusi. Penyait gusi dapat menyebabkan sensitif pada gigi sehingga gigi terasa ngilu.

6. Akibat Banyaknya Tumpukan Plak (Karang Gigi)

Tujuan Anda harus menggunakan benang gigi dan sikat gigi yang halus yaitu membuang plak yang terbentuk oleh sisa makanan. Penumpukan plak yang banyak dapat mengakibatkan lapisan email gigi hilang.

7. Gigi Berlubang

Gigi berlubang juga kerap menjadi sensitif ketika kita sedang memakan makanan dingin dan panas. Gigi berlubang ini memiliki rasa sakit yang dahsyat, dibanding gigi sensitif. 

Cara Mengatasi Gigi Sensitif atau Gigi Ngilu

 


Berikut adalah pantangan yang bisa anda lakukan mengatasi sekaligus mencegah gigi ngilu datang kembali, berikut ulasannya :

* Beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

* Gunakan Sikat Gigi yang Bulunya Lembut.

* Menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi 3 kali sehari,  pagi, sore dan malam sebelum tidur selama 4 menit. Dan bersihkan sela sela menggunakan benang gigi.

* Hindari makanan dan minuman dingin dan panas.

Selain menggunakan pasta gigi khusu gigi sensitif, menggunakan benang dan juga sikat gigi yang halus. Ada juga cara lain yang lebih baik lagi secara alami dan praktis, inilah 6 bahan herbal sederhana yang terbukti ampuh mengobati gigi ngilu secara tuntas dan juga tanpa efek samping. Apasaja obatnya? Berikut salahsatunya :

1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bukan hanya untuk mengobati diare (baca juga cara mengobati diare secara cepat), tetapi daun jambu biji juga bisa untuk menyembuhkan gigi ngilu. daun Jambu biji mengandung flavonoid seperti quercetin, kaempferol, dan memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik dan anti radikal bebas yang ampuh meringankan gejala gigi sensitif atau gigi ngilu dan juga sakit gigi.

Cara memanfaatkannya, Anda cukup merebus 4 sampai 5 daun jambu biji ke dalamcangkir air. Diamkan sampai dingin lalu tambahkan garam secukupnya lalu gunakan untuk obat kumur. Obat kumur herbal ini sangat efektif dan herbal dibanding obat kumur yang mebgandung alkohol dan zat kimia yang terjual bebas dipasaran, dan jga harganya sangat mahal dibanding dengan daun jambu biji yang tidak ada harganya.

2. Lemon

Lemon juga bisa jadi biang atau pemicu terjadinya gigi sensitif karea rasanya yang asam. Namun jangan salah faham dulu, asam lemon didalam buah lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut Anda tetap seimbang. Lemon juga merupakan antibakteri yang sangat efektif  untuk membunuh bakteri penyebab gigi berlubang yang mengakibatkan gigi menjadi ngilu dan sensitif.

Cara memanfaatkannya cukup peras satu buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur-kumur selama 3 kali sehari secara rutin agar bakteri benar - benar hilang.

3. Susu Sapi Murni

Susu sapi jadi minuman Favorit bagi semua orang.  Bukan hanya untuk kesehatan dan pertumbuhan, susu sapi murni ternyata dapat menstabilkan ion fosfat, kalsium, dan flaoride untuk memperbaiki kerusakan pada email gigi.

Minumlah susu sapi murni ber UHT yang dijual di supermarket dan juga di perternakan pengolahan susu sapi (bukan susu berperasa) tanpa pemanis buatan untuk mengatasi rasa sakit ngilu akibat gigi sensitif.

4. Daun Sirih

 
Daun Sirih merupakan obat tradisional sejak zaman dulu atau nenek moyang yang terbukti sangat amph dan manjur sebagai pengganti pengobatan sakit gigi dan gigi ngilu. Daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat gigi sensitif dengan cara mengunyahnya seperi nenek zaman dahulu, namun  bila Anda tidak bisa mengunyahnya Anda bisa merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur.

5. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau berguna sebagai antiseptik alamiah. Cara memanfaatkannya cukup berkumur dengan air kelapa hijau alami setiap sesudah menyikat gigi.
Baca juga 6 Fakta Unik Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan.

6. Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, buah jeruk nipis juga sangat manjur untuk membunuh bakteri dalam mulut yang membuat kesehatan mulut terjaga maksimal. Caranya cukup peras 2 buah jeruk nipis, lalu campurkan dengan segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumu, ingat bukan untuk diminum karena dapat menyebabkan rasa ngilu kambuh.

Itulah beberapa cara alami mengobati gigi ngilu atau sensitif secara efektif dibanding obat kumur dan pasta khusus gigi sensitif. Alangkah baiknya Anda menggunakan cara alami ini agar terhindar dari ketergantungan dan juga efek samping.

0 comments

Post a Comment