11/6/18

3 Fakta Orang Membenci Buah Mengkudu

Pohon mengkudu banyak sekali tumbuh secara liar di sekitar kita. Mengkudu atau dalam bahasa ilmiah  morinda citrifolia. Mengkudu termasuk dalam keluarga Rubiaceae, saudara dari kopi.

Buahnya sangat khas berbejol di sekitarnya serta berwarna hijau kekuningan dan buah yang masak aroma baunya yang menyengat busuk. Buah mengkudu juga banyak digunakan sebagai bahan pupuk organik.

Buah yang satu ini berasal dari Asia Tenggara tropis dan menyebar ke seluruh daerah tropis di seluruh dunia sampai ke China, India, Filipina, Hawaii, Tahiti, Afrika, Arab, Australia, Karibia, Haiti, Fiji, Mesir, Florida dan Kuba.

Kandungan dan Khasiat Buah Mengkudu Yang Tidak Diketahui Oleh Orang

Senyawa utama yang terkandung dalam buah mengkudu adalah Scolopentin dan morindin. Scoroletin berfungsi sebagai pengaue tekanan darah. Scolopetin bekerja dengan cara pemperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal seperti ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu berat untuk mengompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal. Scopoletin yang terdapat dalam ekstrak buah mengkudu dapat bekerja sinergis dengan senyawa lain dalam buah mengkudu untuk mengatur tekanan darah yang tinggi enjadi normal.

Hasil penelitian F.H.A Dwiyanto tahun 1996 dan Fakultas Biologi UGM Hadinoto dkk tahun 1993 dari jurusan Farmasi UNHAS dan I. Jumiatur tahun 1997 dan Fakultas Kedokteran UG<, buah mengkudu mempunyai efek menurunkan kadar glukosa darah tikus putih. Mekanisme kerja hipoglikemik melalui hambatan - hambatan absorbsi glukosa pada usus dan meningkatkan sekresi insulin.

Lalu, kenapa kebanyakan orang tidak menyukai buah mengkudu? Berikut adalah 3 fakta orang membenci mengkudu :


1. Aromanya Bau

Aroma yang ada didalam mengkudu memang sangat tidak sedap, seperti buah busuk yang menyengat. Nah dari aroma bau itulah yang membuat orang membenci buah mengkudu.

2. Pait

Rasa pahit buah mengkudu kerap menjadi alasan seseorang tidak ingin memakan buah mengkudu, padahal rasa pahit tersebut bisa hilang seketika bila kita mengkonsumsinya dengan cara di jus dan sedikit diberi madu.

3. Tak pantas Dipandang

Buah mengkudu bentuknya memang tidak semenarik buah kainnya, yaitu memiliki bintik - bintik  besar dibuahnya yang siapa saja melihatnya menjadi tidak menarik.

Itulah beberapa faktor seseorang membenci buah mengkudu, padahal buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena dibalik rasa bau dan pahit mengkudu mengandung seribu manfaat bagi kesehatan Anda.

0 comments

Post a Comment