11/6/18

Inilah 5 Cara Efektif Mengatasi Gondongan Secara Cepat Mudah Dan Praktis

Gondongan adalah suatu infeksi virus yang menular yang mana akan menyebabkan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar air liur disertai sakit. Penyebabnya adalah paramyxovirus. Virus seperti ini menularkan langsung dengan benda yang terkontaminasi oleh ludahyang berasal dari bersin dan juga batuk penderita, dan bisa jadi sentuhan oleh penderita tesebut.


Penyakit gondongan ini sangat populer tersebar di seluruh dunia dan muncul secara endemik ataupun epidemik, penyakit ini cenderung menyerang pada anak - anak di atas umur 2 - 12 tahun. Pada orang dewasa infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, payudara, prostat, dan organ yang lainnya. Cara mengatasi gondongan disesuaikan dengan tingkat keseriusan dan lokasi penyebar virus.

Penyebab Gondoka


Seperti yang sudah disebutkan di atas, gondongan ini disebabkan  oleh sekelompok virus yang bernama paramyxovirus. Disaat masuk kedalam aliran pernafasan melalui hidung, tenggorokan atau mulut, virus tersebut akan menetap, serta berkembang biak dan menginfeksi kelenjar parotis sehingga kelenjar tersebut membengkak.

Penularan virus dari penderita ke orang sehat dapat terjadi dengan sangat cepat dan singkat. Masa rawan penlaran terutama adalah beberapa hari sebelum kelenjar parotis penderita bengkak sampai lima hari setelah pembengkakan timbul.

Gejala Terkena Penyakit Gondongan

Gejala ini pada umumnya baru akan muncuk dua minggu setelah terinfeksi virus terjadi. Gejala ini ditandai dengan bengkaknya kelenjar parotis yang nenbuat sisi wajah nampak membengkak. Pasca terjadinya bengkak kelenjar parotis, gejala lainnya akan mulai berkembang. Di antaranya :

* Sakit saat ingin mengunyah dan juga menelan makanan.
* Nyeri pada bagian sendi.
* Demam tinggi dengan suhu 30 derajat celcius.
* Mulut kering.
* Nyeri pada bagian perut.
* Hilangnya nafsu makan.
* Lesu / mudah lelah.
* Sakit kepala.

Cara Mengobati Gondongan Secara Cepat Mudah di Rumah


Pada kesempatan kali ini, akan menerangkan cara mengobati gondongan. Inilah 5 cara efektif mengatasi gondongan secara mudah cepat dan praktis. Di antaranya adalah :

1. Buah Mengkudu

Buah mengkudu atau sering dijuluki sebagai buah buruk krupa yang bentuknya tidak menarik dan rasa dan aromanya yang terkenal bau dan sebal, menjadikan buah ini sagat tidak berguna di kalangan masyarakat. Namun didalam mengkudu mempunyai 17 kandungan bermanfaat, diantaranya protein, xeronine, zat terpenoid, scopoletin, serat, selenium, flavonoid, kalsium, natrium, kalium, zat besi, vitamin A, vitamin C, karbohidrat, riboflavin (vitamin B2), Niasin (vitamin B3), Zat antibakterial dan kanker yang ampuh mngobati berbagai macam penyakit luar dan dalam.

Mengkudu atau sering disebut noni sangat efektif dijadikan obat gondongan yang bisa dijadikan jus atau dimakan secara langsung. Anda bisa mengkonsumsi mengkudu yang warna nya masih hijau, karena mengkudu yang warnanya masih hijauadalah mengkudu mentah sehingga rasanya tidak enak. Anda harus sigap menahan bau buah mengkudu yang khas dan menyengat tersebut. Konsumsilah buah mengkudu sebanyak tiga kali sehari agar gondongan Anda cepat sembuh.

2. Blawu (blau)

Blawu atau blau adalah kapur berwarna biru dan sudah terkenal di zamannya yang ampuh mengatasi gondongan. Blawu adalah bahan untuk membersihkan cucian pada masa ke emasannya (zaman dulu), sampai saat ini juga blawu masih di produksi sebagai bahan membersihkan cucian selain deterjen. Blwu ini akan membantu meringankan gejala rasa sakit dan juga mengempiskan pembengkakan pada rahang.

Caranya, siapkan blawu secukupnya dengan air sebanyak setengah gelas, lalu larutkan. Setelah itu lanjutkan dengan membalurkan ramuan tersebut ke daerah yang terkena gondongan secara rata. Pengobatan alami ini benar - benar sangat efektif kalau dilakukan secara rutin. Bengkak akan mengempis dalam waktu yang singkat dan akhirnya sembuh total.

3. Kompres dengan air hangat atau dingin

Mengompres bagian gondongan dengan metode air panas dan dingin bisa membantu menyembuhkan gondongan secara cepat dan efektif. Ini adalah cara yang sangat mudah dari cara lainnya,. Anda bisa mencoba membungkus es batu degan handuk lalu konpreskan ke bagian yang terkena gondongan. Namun jika Anda menggunakan air hangat atau botol kompres maka bungkuslah dengan handuk. Jangan sampai mengenai bagia gondong dengan air panas atau dingin secara langsung. Cara ini sangan manjur untuk mengecilkan radang akibat gondong bengkak.

4.Lidah Buaya dan Kunyit

Lidah buaya ternyata bisa membantu mengobati gondongan dengan ceapt dan mudah. Lidah buaya dan juga campuran bubuk kunyit mengandung bahan anti-inflamasi yang bisa membantu mengobati rasa nyeri dan juga mengurangi benjolan gondongan. Caranya cukup dengan mengambil bagian gel lidah buaya yang masih segar. Lalu campurkan dengan satu sendok teh bubuk kunyit . Lalu campur hingga merata menjadi pasta lalu oleskan pada bagian yang terinfeksi gondongan, Lakukan perawatan ini selama tiga kali dalam sehari sampai tuntas.

5. Daun Belimbing Wuluh Sayur

Ternyata daun belimbing wuluh sayur ini memiliki kandungan bermanfaat didalamnya, yaitu vitamin C, glukosid, tannin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulphur, kalium, dan sitrat. Kandungan tersebut dipercaya dapat mengusir virus yang menjadi penyebab terjadingan gondongan. Namun ini tidak disarankan untuk dikonsumsi, melainkan digunakan sebagai bahan olesan dan kompresan.

Cara mengolahnya cukup mudah, ambil beberapa daun belimbing wuluh lalu cuci dengan bersih. Lalu siapkan bawang putih dan campurkan dengan daun belimbing wuluh. Setelah itu tumbuk hingga halus kemudian oleskan ke bagian yang sakit akibat gondongan. Lakukan secara rutin setiap harinya agar gondongan cepat mengecil dan sembuh total.

 

Itulah berbagai macam cara mengobati gobati gondongan secara mudah di rumah Anda. Cara tersebut adalah cara yang paling mudah dan alami tanpa menyebabkan ketergantungan, dan lebih baik dari obat medis.

0 comments

Post a Comment