11/8/18

Ampuh ! Inilah 5 Cara Alami Mengatasi Gejala Gatal Kaligata Secara Efektif dan Mudah


Kaligata atau biduran adalah gejala berupa kulit gatal - gatal, namun bukan gatal akibat di gigit nyamuk atau terkena bulu ulat, namun kata orang tua dulu kaligata (biduran) disebabkan oleh cuaca yang dingin seperti musim hujan saat ini. Kaligata atau biduran dalam bahasa medis  adalah urtikarina yaitu suatu kelainan kulit berwarna merah, melebar atau menyebar ke seluruh badan disertai dengan gatal - gatal yang ekstrim dibanding gatal gigitan nyamuk. Kaligata ini bukan disebabkan oleh cuaca dingin saja, bisa jadi sering terkena alergi atau bisa juga bukan karena alergi. Sebagian kasus yang sering terkena kaligata atau biduran berangsur kurang dari 6 minggu.


Gejala Kaligata


Gejala utama terkena penyakit kaligata adalah gatal dan juga kemerahan di sekujur tubuh yang bertahan 20 menit sampai 3 jam. Lalu setelah itu muncul lagi di tempat lain yang biasanya berangsur 1 - 2 hari. Kaligata ini disebabkan oleh peradangan pembuluh darah yang mana sudah disebutkan tadi yakni berlangsung kurang dari 6 minggu. Yang dimana bila sudah sembuh akan menimbulkan bekas hitam. Apakah penyakit kaligata ini disebabkan oleh alergi atau bukan, apakah ada kaitannya dengan makanan sebelum timbulnya kaligata, atau mungkin mempunyai infeksi sebelumnya. Berikut penyebabnya :

Klaigata disebabkan oleh keluarnya zat yang merangsang peradangan. Zat ini ternyata menyebabkan kebocoran di dalam pembuluh darah kecil yang dapat menyebabkan bengkak dan bentuk yang pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan kulit menjadi gatal - gatal dan berwarna merah.Kaligata ini disebabkan oleh 3 faktor yaitu tidak diketahui sebabnya, sistem imun dan bukan sistem imun.

Kurang lebih sekitar 50% kasus tersebut belum diketahui secara pasti penyebabnya. Penyebab lainnya yaitu sistem imun. Bila sistem imun menyerang diri kita atau dalam istilah autoimun dapat menyebabkan kaligata atau urtikaria. Reaksi alergi dari makanan amis, ketergantungan obat, atau gigitan ulat dan lebah juga termasuk akibat sitem inun (baca juga : cara mengobati sengatan lebah dengan cepat). Obat yang termasuk penyebab kaligata adalah aspirin atau obat anti inflamasi non steroid.

Pengobatan Gejala Kaligata

Faktor yang pemicu yang memperparah kondisi ini sebaiknya dihilangkan seperti panas, stress, alkohol, kafein dan obat yang menyebabkan kaligata (aspirin dan kodein). Obat medis yang dapat membantu meredakan gejala kaligata yaitu seperti loratadine, cetirizine hydrochloride, dan chlorphenamine. Pengobatan menggunakan salep dan bedak menthol 1% dapat mengurangi sensitif gatal yang mengganggu.

Kaligata ternyata disebabkan oleh beberapa pemicu seperti dibawah ini :

  • Zat kimia atau bahan pangan tambahan pada makanan.
  • Racun atau gigitan serangga, seperti ulat, tungau kasur, nyamuk hutan.
  • Bulu hewan yang rontok biasanya kucing.
  • Paparan serbuk sari atau tumbuhan tertentu seperti terkena daun padi (jerami).
  • Ketergantungan akibat pengobatan tertentu (yang tadi sudah disebutkan di atas).
  • Banyak stress, dan melamun.
  • Suhu dingin (musim hujan).
  • Kelebihan keringat
  • Tidur di dekat tembok atau dinding yang bersuhu dingin.
  • Kegiatan fisik seperti beladiri.

Berikut ada beberapa faktor umum dari kaligata, yaitu :

- Kaligata Akut

kondisi ini biasanya berangsur kurang dari 6 minggu, kaligata akut ini disebabkan dari makanan seperti telur, cokelat, kacang, obat - obatan, terkena gigitan serangga tungau kasur, dan infeksi.
- Kaligata Kronis

Kondisi ini pada umumnya berangsur selama lebih dari 6 minggu, penyebab dasarnya sangat sulit sekali dikenali. Biasanya kondisi ini mendasari seperi hepatitis, infeksi, atau masalah tiroid atau kanker.

- Kaligata Fisik

Kondisi ini sering diakibatkan oleh rangsangan langsung pada kulit, seperti paparan terhadap dingin, panas, sinar ultraviolet dan keringat. Tonjolan ini sering nampak pada bagian kulit yang terkena rangsangan.

- Angiodema

adalah keadaan dimana munculnya ruam dan dibarengi dengan pembengkakan. Tipe ruam ini sering kali menyerang mata, kaki, lidah, lengan, dan organ klamin.
Angioedema sering disertai dengan rasa panas dan juga nyeri pada bagian area yang membengkak. Pembengkakan pada tenggorokan , kantung udara pada paru - paru, dan lidah itu merupakan pertanda adanya keadaan darurat yang harus ditangani oleh dokter ahli kulit.

Gejala kaligata sangat menyusahkan dan juga ketidak nyamanan apalagi sedang beristirahat atau kesulitan tidur.


Caran Mengobati Gejala Kaligata atau Biduran


 

Berikut ini adalah pertolongan pertama meredakan dan juga menyembuhkan gejala kaligata yang terbukti Ampuh ! Inilah 5 Cara Alami Mengatasi Gejala Gatal Kaligata Secara Efektif dan Mudah yang bisa anda lakukan di rumah :

1. Leunca

Leunca adalah salah satu lalapan yang sering dinikmati oleh para pecinta kuliner, benuknya yang seperti buah kersen namun memiliki ciri khas rasa yang beda namun gurih. Leunca merupakan tumbuhan dari jekuarga terung dan buahnya dipercaya sebagai sayuran dan juga lalapan dan bahkan bisa juga digunakan untuk bahan obat tradisional kesehatan. Buah ini bisa mengobati berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengobati kaligata atau biduran. Buah leunca ini mengandung energi sebesar 33 kalori, protein 1.9 gr, karbohidrat 7.4 gr, lemak 0.1 gr, kalisium 274 miligram, fosfor 34 miligram dan zat besi 4 miligram. selain itu juga, buah leunca terkandung vitamin A sebanyak 478 IU, Vitamin B1 0.1 miligram dan vitamin C 17 miligram. Hasil tersebut didapati dari hasil penelitian terhadap 100 gram leunca, dengan jumlah yang dapat di konsumsi sebanyak 95%.

Cara memanfaatkannya yaitu

 - Siapkan buah leunca yang sudah dibersihkan.
 - Setelah itu tumbuklah buah leunca tersebut.
 - Gunakanlah atau balur tumbukan tersebut kebagian kulit yang terkena kaligata

Gunakan serutin mungkin karena sari dari buak leunca bisa mengurangi rasa gatal berlebih pada kulit akibat kaligata atau biduran.

2. Air Kelapa Hijau

Bukan hanya utuk penghilang dahaga saja, air dalam buah kelapa hijau juga mengandung antibakterial dan antivirus yang dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. (baca juga : 6 Fakta Unik Air Kelapa Hijau Untuk Kesehatan).

Bagaimana sudah jelaskan dengan rutin meminum air kelapa hijaudapat menjaga kesegaran tubuh akan tetap terjaga maksimal walau sedang terkena kaligata. Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin setiap hari minimal 3 kali, dan rasakan manfaatnya.

3. Kentang

Sebelah kentang dipercaya dapat membantu mengatasi gatal dan peradangan akibat kaligata. Karena kentang ini memiliki sifat penenang dan anti-iritasi yang mampu membantu meredakan kaligata yang mengganggu, dan sekaligus mempercepat penyembuhan kaligata.

Caranya sangat mudah, yaitu

Cara ke 1 :

 - Potong iris - iris kentang.
 - Lalu taburkan sedikit garam pada lapisan kentang yang sudah di iris.
 - Terapkan kentang pada area yang terkena area kaligata.

Cara ke 2 :

 - Rendam 2 buah kentang dengan segelas air bersih.
 - Rebus selama ±15 menit.
 - Dinginkan.
 - Lalu rendam bagian kulit yang terkena kaligata selama ±10 menit.

4. Temulawak dan Buah Asam

Dua tanaman ini obat ramuan tradisional termanjur yang mampu mengobati dan menghilangkan kaligata atau biduran pada area kulit yang mengganggu. Minyak atsiri pada temulawak mengandung seskuiterpen, acurcumene, 1-sikloisoprenmyrcene, zingiberene, xanthorrhizol, turunan lisabolen, epolisid-bisakuron, bisakuron A, B, C, ketonseskuiterpen, turmeron, a-turmeron, a-atlanton, germakron, monoterpen, sineol, dborneol, d-a-phellandrene, dan d-camphene (Afifah, 2005). Di dalam komponen minyak atsiri terdapat xanthorrhizol, dimana xanthorrhizol hanya terdapat pada minyak atsiri rimpang temulawak. Xanthorrhizol memiliki aktivitas antibakteri, antiseptik, dan antibiotik serta antikanker. Sementara  Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asam adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi.
Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan.

Cara memanfaatkannya sebagai obat tradisional untuk kaligata yaitu :

 - Siapkan buah asam 15 gr dan temulawak 15 gr.
 - Rebus kedua bahan tersebut denga dua gelas air putih.
 - Lalu diamkan sekitar 10 menit untuk meredakan panasnya.
 - Sesudah dingin, minum dengan satu sendok teh.

Minum ramuan herbal ini secara rutinitas selama 3 kali sehari. Dijamin ampuh kaligata Anda segera mereda dalam waktu singkat.

5. 
Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit tidak perlu diragukan lagi  begitupula untuk kesehatan. Selama ini lidah buaya memang dikenal untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan juga kecantikan. Gel lidah buaya mengandung aloe vera dan gel tersebutlah yang berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama masalah kulit. Berikut ini adalah cara mengatasi kulit gatal menggunakan lidah buaya yang harus anda ketahui :


Ambil lidah buaya dengan ukuran sedang.
Cuci bersih lidah buaya tersebut.
Potong lidah buaya menjadi dua bagian.
Ambil gel lidah buaya tersebut kemudian bagian gel lidah buaya itu dioleskan ke kulit yang gatal.

Gel lidah buaya tersebut akan menimbulkan rasa dingin. Rasa dingin pada gel lidah buaya itulah yang bisa meredakan rasa gatal yang anda alami.
Tidak ada hasil yang instan untuk cara ini sehingga anda perlu mengaplikasikan cara ini secara berulang-ulang. Dalam sehari anda bisa melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

itulah beberapa cara mengatasi gejala kaligata atau biduran secara alami dengan mudah tanpa susah payah mencarinya.


Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan

Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan

Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan
Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan
Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Read more at Tips Cara Manfaat: Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan

0 comments

Post a Comment