11/11/18

Cara Mengobati Eksim Secara Cepat Dengan Bahan Herbal Ini


Eksim adalah jenis penyakit kulit yang nampak enjiikan. Biasanya kulit yang terkena eksim akan terasa gatal dan panas pada kulit.

Menurut prediksi dari para ahli medis mengatakan bahwa penyakit kulit tersebut memiliki hubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh (imun) berlebih.

Selain itu, beberapa sumber mengatakan jika penyakit ini disebabkan oleh darah kotor, kurang vitamin K, efek dari zat kimiadan bisa jadi dari faktor cuaca dapat menjadi pemicu datangnya penyakit eksim.

Eksim terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu eksim basah, dan eksim kering. Eksim basah biasanya berair dan memar merah. Usia eksim relatif baru. Rasa gatal eksim basah ini lebih sering ketika beraktivitas bakteri yang tinggi juga.

Eksim basah juga sangat mudah sekali menyebar bila sering di garuk. Disarankan agar jangan sampai terlalu sering terkena air.

Sementara itu, eksim kering pada umumnya yaitu jenis eksim atau gatal kulit yang menebal tanpa disertai basah di daerah kulitnya.

Eksim kering ini biasanya penyebarannya tidak terlalu cepat, berbeda sekali dengan yang basah.

Gejala Eksim Di Tangan


Ketika gejala eksim timbul di tangan, dapat menimbulkan gejala yang berbeda - beda, seperti gatal dengan bintik merah atau cokelat , kulit menebal, kulit pecah atau bersisik. Eksim di tangan bisa juga berupa benjolan kecil berisi cairan apabila pecah akan menimbulkan kulit jadi kering.

Banyak orang yang menyebutkan bahwa biasanya orang yang terkena eksim, akibat dari seringnya mencuci piring, tangan sering terendam oleh deterjen pakaian. 

Hal Yang Harus Di Lakukan Untuk Meredakan Gejala Eksim Yang Menempel di Tangan



Untuk Anda yang mengalami gejala eksim yang menempel di tangan dan juga di anggota tubuh lainnya, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi dan juga penanganan yang tepat. Namun, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk meredakan rasa gatal akibat eksim untuk sementara wakt, diantaranya :

1. Tinggalkan Pemicu Eksim

National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) mengatakan, eksim yang menempel di tangan akan semakin parah jika terkena infeksi eksim, misalnya jamur, bulu hewan peluharaan (kucing, kelinci, anjing), udara dingin dan kering, kain kasar (wol), dan pewangi (parfum).

Bila eksim yang menempel di tangan semakin memburu, maka Anda harus menghindari pemicunya.

2. Jangan Biasakan Cuci Tangan atau Mandi Pakai Air Panas

Suhu yang panas atau hangat membuat kulit semakin kering karena air dan juga bahan kimia dari sabun akan meluruhkan sebum (minyak alami kulit). Kulit yang kering karena air panas semakin memicu kambuhnya gejala eksim dan akhirnya rawan terinfeksi dan iritasi.

Lalu bila eksim masih menempel di tangan semakin lama, cucilah tangan dan mandi pakai air dingin. Jangan terlalu lama membasuk kulit yang sedang terkena eksim. Cuci tangan minimal 20 detik, tapi harus benar - benar bersih, jangan sampai ada tersisa sabun. Sementara untuk waktu mandi yang tepat dan ideal meurut para ahli adalah lima menit.

3. Gunakan Sabun Yang Lembut

Ketika gejala ini masih ada di tubuh Anda, maka pakailah sabun yang netral jika ingin mencuci tangan dan mandi. Sabun yang netral itu adalah sabun yang tidak mengandung pewangi, pewarna, alkohol, hingga sabun antibakteri seperti triklosan. Maka gunakanlah jika perlu sabun hipoalergenik yang lebih aman dan juga lembut untuk kulut.

4. Jangan Menggosok Tangan Saat Meneringkan

Ketika cuci ttangan atau mandi janganlah menggosok kulit terlalu kasar atau kers, dan mengeringkannya juga jangan terlalu keras karena dapat menyebabkan kulit tangan menjadi trauma dan teriritasi sehingga eksim jadi lebih mudah kambuh.

Usaplah kulit yang basah dengan lembut menggunakan handuk dingga benar - benar kering.

5. Mengoleskan Obat Krim

Setelah mandi dan cuci tangan, langsung oleskan obat krim yang telah diresepkan dokter untuk Anda saat kondisi tangan masih lembap.

6. Pakai Sarung Tangan Karet atau Plastik Saat Mencuci Piring

Kata ilmuan dari America Board of Dermatology (Chunthi Bailey, M.D), bahwa penggunaan sarung tangan karet sangat melindungi kulit tangan perkena zat iritan, dan kimia pada sabun mandi sehingga membantu mencegah penyakit eksim menempel di tangan berkembang semain serius.

Sementara itu penggunaan sarung tangan karet juga dapat melindungi tangan anda dari percikan kulit Anda yang membuatknya jadi semakin kering dan mmemicu eksim kambuh.

Cara Mengobati Eksim di Tangan Dengan Obat Tradisional


Dibawah ini adalah 8 obat tradisional yang efektif mengobati eksim di tanga dengan mudah, diantaranya :

1. Wortel

Wortel sangat terkenal sebagai bahan untama membuat sayur sup, bukan hanya untuk membuat sayu saja wortel juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata Anda, namun bisa juga untuk penyakit kulit seperti eksim. Sayuran yang berwarna orange nini kaya dengan vitamin A dan antioksidan yang bisa menjaga kesehatan kulit akibat eksim.Dan juga bisa mergenerasi sel kulit yang baru sehingga sel - sel kulit yang rusak akibat dari eksim atau dermatitis itu bisa diatasi menggunakan wortel ini.

Cara memanfaatkannya :

Bahan - bahan 

- 1 Batang Wortel .
- Kapur Sirih

Cara Mengolahnya

- Siapkan satusdm kapur sirih dan wortel 1 batang ukuran sedang.
- Cuci bersih semua bahan tersebut.
- Parut wortel yang sudah dibersihkan.
- Setelah di parut, lalu campurkan dengan kapur sirih.
- Aduk hingga merata dengan kapur sirih.
- Setelah bahan tercampur, Anda bisa langsung mengolesnya di bagian kulit yang terkena eksim, lalu perbanlah dengan kain kasar atau kain putih agar lebih steril dan juga tidak mudah lepas.

Gunakan ramuan ini dengan rutin sebanyak 2 kali sehari/

2. Kangkung

Kangkung adalah tanaman yang mudah didapatkan di area yang berair dan berlumpur seperti di tepi kolam. Kangkung kerap dimanfaatkan untuk dijadikan bahan makanan seperti oseng, lapapan, dan juga bisa di gunakan sebagai obat tradisional mengobati penyakit kulit.

Kangkung dapat digunakan sebagai tapal untuk mengoati penyakit kulit seperti kurap, kutu air, panu, borok dan lain - lain. Sayuran hijau ini juga bisa membantu dalam mencegah kanker kulit, dan juga bisa digunakan sebagai obat jerawat, eksim, dan prosiasis. 

Daun kangkung sangat bergizi sekali karena kangkung mengandung banyak vitamin dan mineral. Kangkung adalah sumber serat makanan, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C yang sabgat baik untuk tubuh.

Cara mengobati eksim dengan kangkung

Bahan - Bahan :

- Seikat kangkung yang segar.
- 1 gayung air bersih.

Cara Mengolahnya :

- Siapkan 1 ikat kangkung yang masih segar
- Cuci bersih kangkung dengan air yang mengalir.
- Rebus selama 16 menit.
- Minum air rebusan kangkung untuk mengobati eksim, Anda juga bisa menambahkan 2 sdm madu sebagai pemanis alaminya.

Gunakan ramuan ini secara rutin setiap harinya 1 kali sehari sampai eksim di tangan menghilang.

3. Temulawak

Temulawak mengandung kurkuminoid, mineral, minyak atsiri seta lemak, yang mampu mengobati eksim secara cepat dan alami.

Berikut adalah cara mengobati eksim menggunakan temulawak dan daun sambiloto yang bisa anda buat di rumah

Bahan - bahan :
- 5 rimpang temulawak.
- Daun sambiloto segenggam.
- 10 gr asam jawa dan 7 lembar ngokilo.

Cara Mengolahnya 

- Cara pembuatannya adalah dengan mengupas temulawak, iris tipis tipis temulawak tersebut. Setelah diiris tipis tipis anda bisa mencampurkan semua bahan bahan menjadi satu. Setelah dicampurkan menjadi satu anda bisa menambahkan dua gelas air ke dalam wadah tersebut. Didihkan dan sisakan menjadi setengahnya saja. Saring kemudian saat sudah dingin anda bisa meminum air ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Lakukanlah cara ini sebanyak 5 hari terus menerus. Jika belum ada perubahan anda bisa memilih alternatif pengobatan lainnya.

4. Daun Kecubung

Kecubung sangat berkhasiat sebagai penghilang nyeri (analgetik). 

Daun kecubung banyak di lirik sebagai tanaman obat herbal mengobati berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah cara mengobati eksim dengan denga daun kecubung, diantaranya :

- Siapkan sebanyak 3 lembar daun kecubung.
- Cuci hingga bersih.
- Siapkan minyak kelapa.
- Tumbuk hingga halus daun kecubung.
- Setelah itu tambahkan minyak kelapa secukupnya.
- Aduk agar tercampur dengan rata.
- Panaskan bahan tersebut di atas api, saat masih panas Anda bisa mengoleskan di kulit yang terkena Eksim.

Lakukan cara ini hingga eksim benar - benar hilang 2 kali sehari.

5. Bengkuang

Bengkuang adalah sejenis umbi - umbian yang memiliki rasa yang manis dan segar. Bengkuang ini memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat penting antara lain. Terdapat serat vmakanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan protein nabati yang mampu mengobati masalah kulit seperti epilepsi.

Cara membuat obat herbal bengkuang untuk eksim 

Bahan :

Siapkan 3 sdm tepung belerang, 4 sdm bengkuang yang sudah di blender dan 2 sdm minyak kelapa.

Cara mengolahnya  :

- Campurkan bahan tersebut 
- Tumbuk hingga halus
- Tambahkan minyak kelapa
- Aduk kembali hingga merata
- Oleskan tumbukan tersebut ke area yang terkena eksim

Agar hasilnya maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari secara rutun.

6. Lemon 

Lemon memiliki banyak vitamin C, ini juga bisa dijadikan sebagai pengobatan gatal di kulit akibat eksim dengan efektif dan cepat. 

Caranya cukup campurkan perasan lemon dengan minyak kelapa, lalu oleskan di kulit yang gatal. Lakukan cara ini hingga epilepsi Anda sembuh.

7. Daun Salam

Secara alamiah, salam ini baik digunakan sebagai obat alami untuk gatal - gatal akibat eksim.
Ini semua berkat kandungan etanol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur sehingga mampu membantu mengobati gatal - gatal pada kulit.

Berikut cara mengobati eksim dengan daun salam

Siapkan beberapa lembar daun salam, cuci hingga bersih, lalu tumbuk hingga halus, setelah halus tempelkan menggunakan kain putih agar kandungan dalam daun salam menyerap dengan sempurna. Lakukan cara ini secara rutin, agar eksim Anda cepat sembuh.

8. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang wajib dalam setiap masakan. Bawang putih ini memiliki kandungan yang sangat baik sekali yang berguna untuk tubuh, dan khasiatnya pun tidak kalah dengan bahan laiinya di atas. Untuk itu kita bisa memanfaatkan bawang putih untuk obat eksim kering maupun basah.

Cara Mengolahnya : Tumbuk bawang putih yang sudah di kupas. Oleskan pada luka eksim yang terdapat pada kulit. Lakuka pengobatan ini dengan teratur, agar penyakit eksim dapat memudar dan akan hilang. Tubuh Anda pun akan terlihat bersih tanpa menimbulkan bekas eksim.

Itulah beberapa cara mengobati eksim secara cepat dengan bahan herbal ini. Gunakan cara tersebut untuk bagi Anda yang ingin merasakan khasiat ilmiah dari hasil ramuan tersebut untuk mengobati eksim dengan cepat dan tanpa efek samping. 

0 comments

Post a Comment