11/6/18

Terbukti ! Inilah 5 cara alami mengobati infeksi telinga dengan mudah di rumah



Infeksi telinga adalah kondisi yang bisa terjadi saat Anda menderita demam, serangan alergi atau tenggorokan, lalu menyebabkan cairan telinga terjebak pada bagian tengah telinga. Kondisi seperti ini sering menyebabkan rasa sakit akibat peradangan dan penumpukan cairan.

Hal seperti ini dapat ditangani dengan mengurangi faktor risiko. Konsultasikan pada dokter untuk memahami lebih lanjut tentang penyakit tersebut.

Penyebab Terjadinya Infeksi Pada Telinga


Infeksi tersebut terjadi ketika saluran tuba eutrachius menjadi membengkak atau menyumbat telinga tengah. Saluran tuba eutrachius adalah suatu tabung kecil yang terhubung langsung elingan dengan tenggorokan, Penyebabnya penyumbatan pata tuba eustrachius adalah :

* Alergi
* Flu
* Infeksi Sinus atau Sinusitis
* Berlebihannya produksi mukus
* Terkena asap rokok seseorang
* Amandel yang bengkak atau terinfeksi (tonsilitis)

Perlu Anda ketahui bahwa tuba eutachius pada anak cenderung lebih pendek dan datar sehingga rawan infeksi telinga pada anak lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa.

Gejala Infeksi Telinga

Beberapa gejala dari penyakit infeksi pada telinga adalah :

* Nyeri ringan atau rasa tidak nyaman pada telinga, kasus ini mungkin anak akan mudah rewel kesakita, setelah paparan ISPA beberapa hari setelahnya.
* Perasaan penuh pada telinga.
* Ada cairan yang keluar dari telinga.
* Pendengaran menurun seperti tuli.
* Tidur merasa tidak nyaman.

Pengobatan Infeksi Telinga


Pada umumnya infeksi telinga yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Inilah beberpa metode cara yang akan meredakan gejala dari infeksi tersebut, seperti :
  • Memberikan kain yang hangat di telingan yang terkena infeksi (nyeri).
  • Mengobati dengan parasetamol atau ibuprofen.
  • Menggunakan dekongestan untuk mengurangu cairan produksi mukus sperti pseudoefadrin.
Namun jika gejala tidak membaik denga cara diatas, alangkah baiknya Anda memeriksa ke dokter. Namun jika anak dibawah 2 tahun dengan gejala ISPA, bergegaslah bawa ke dokter agar diberikan antibiotik supaya ISPA tidak menyeret ke telinga melalui tuba eustrachius.

Pada umumnya orang mengobati dengan antibiotik. Namun terlalu sering melakukan obat antibiotik selama beberapa tahun, membuat bakteri didalam telinga lebih kebal.

Maka dari itu Anda bisa mengobati rasa sakit yang satu ini dengan bahan herbal yang terbukti ! Inilah 5 cara alami mengobati infeksi telingan dengan mudah di rumah diantaranya:

1. Daun Mangga

Daun mangga ini mengandung senyawa bioaktif mangiferin, polifenol, dan triterpenoid. Senyawa tersebut memberikan daun mangga sangat beragam macam manfaat seperti peluruh lemak, antioksidan, serta penyembuh luka dan juga infeksi telinga. Ekstra daun mangga adalahpengobatan herbal yang sangat cepat dan efektif untuk infeksi telinga. Caranya hancurkan 2 - 3 daun mangga dengan blender. Lalu Menggunakan pipet, berikan 3 - 4 tetes cairan kedalam telinga yang terinfeksi. Dalam beberapa menit, Anda akan merasakan hasilnya.

2. Bawang Putih


Bawang putih adalah bumbu dapur yang selalu ada dirumah Anda, namun bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk infeksi telinga. Karena sifat antibakterial dan antivirus yang dimiliki oleh bawang putih, maka ini sangat baik untuk mengatasi infeksi telinga.
Bawang putih bekerja secara efektif dan alami untuk membunuh bakteri dan juga kuman di telinga bagian dalam yang menjadi pusat rasa sakit. Selain itu bawang putih memiliki banyak sifat antiseptik alami yang bisa mengurangi resiko yang lebih parah.

Bawang putih mempunyai penghilang rasa saalami, yang membuatnya menjadi obat alami terbaik untuk mengatasi penyakit infeksi telinga. Caranya rebus 3-4 siung bawang putih segar dalam air selama 5 - 7 menit. Lalu hancurkan dan tambahkan cengkeh dan garam. Kemudian tempatkan campuran tersebut dengan kain bersih dan letakkan di bagian lubang telinga yang terkena infeksi.

3. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga penuh dengan nutrisi dan mengandung banyak sekali senyawa pelindung didalamnya. Bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur tinggi yang bertanggung jawab mengatasi bau yang kuat dan sifat penyembuh yang kuat.

Bukan hanya itu, bawang merah ini merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, asam folat, chromium, kalsium dan juga serat, yang mampu mengatasi penyakit infeksi telinga.

Cara mengolahnya sebagai obat herbal untuk infeksi telinga, pertama haluskan bawang merah tanpa direbus lalu tambahkan sedikit air rebusan daun sirih yang sudah disaring untuk dijadikan obat infeksi telinga dengan cara di teteskan secara rutin 1 - 2 kali sehari kebagian yang sakit. Bahan herbal ini mampu membunuh kehidupan bakteri dan mempersingkat pengeringan luka yang terjadi pada tengan bagian tengah dan juga bagian telinga yang lebih mendalam lagi.

4. Daun Sirih

Kandungan saub sirih sangat tinggi akan polifonel yang bernama chavicol pada daun sirih, yang membuat daun sirih memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat. Dengan Mengkonsumsi air rebusan daun sirih, maka rasa sakit yang tibul di telinga akan hilang seketika.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menyiapkan beberapa lembar daun sirih yang segar. Kemudian dibuat menjadi jus dan tambahkan sedikit air. Lalu tuangkan kedalam mangkuk dan oleskan ramuan tersebut  pada bagian yang terkena infeksi telinga.

5. Garam
Garam merupakan bumbu dapur yang harus di hindarkan oleh para penderita darah tinggi. Namun untuk penderita infeksi telinga garam ini salah satu bahan yang bagus dan mudah di dapat di rumah Anda untuk mengobati infeksi telinga.

Cara nebgolahnya :

Sediakan garam dapur sebanyak satu cangkir lalu tempatkan kedalam panci dan panaskan dengan api yang kecil selama 5 menit. Setelah panas, lalu garam bisa di letakkan disebuah kain dimana ujung tumbukannya dapat ditutup dengan karet atai diikat simpul. Bila sudah tidak panas, maka berbaringlah untuk menggubakan kain yang tadi dengan meletakkannya di telinga yang terinfeksi paling lama 6 - 10 menit. Pengobatan ini dapat dilakukan secara berulang. Rasa sakit akibat infeksi telinga akan lebih ringan dengan obat alami ini.

Itulah beberapa cara mengobati infeksi telinga secara alami dan efektif, dan juga lebih baik dari obat medis pada umumnya, maka tidak salahnya Anda mencoba selagi bahan tersebut masih ada di rumah Anda.

0 comments

Post a Comment