11/9/18

Pantangan Makanan dan Minuman Paling Utama Untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib di Hindari


Ibu hamil muda atau baru masuk trimester pertama memang harus waspada dengan gaya hidup dan yang paling berisiko adalah makanan. Ibu hamul muda ini sangat rentan atau berisiko sekali terkena keguguran. Sementara itu tahap hamil muda yang mana janin sedang berkembang dan sangat membutuhkan perhatian yang serius. 


Pantangan Utama Makanan dan Minuman Untuk Ibu Hamil Muda


Terkadang ibu hamil muda tidak mengetahui apa yang harus di lakukan dan mana yang tidak boleh di lakukan. Padahal ada beberapa larangan terutama makanan yang harus ibu pantangkan sejak dini. Berikut adalah pantangan makanan dan minuman paling utama untuk ibu hamil muda yang wajib di hindari, diantaranya :

1. Daging Mentah

Semua daging yang belum di masak alis mentah tidak boleh dikonsumsi oleh para ibu hamil muda. Kenapa? Daging mentah tersebut mengandung sumber penyakit seperti toksoplasma, salmonella dan E.colli . Semua bakteri yang terkandung di dalam daging mentah bisa menyebabkan janin Anda bermasalah serius sekehatan dan bisa menimbulkan masalah keguguran. Daging mentah tersebut diantaranya daging sapin daging unggas, atau daging hewan laut yang sering dimakan oleh orang - orang jepang dan korea.

2. Ikan Asap / Daging Asap

Makanan daging asap ini memang menjadi makanan favorit di beberapa daerah di nusantara. Makanan ini sangat tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil muda. Karena ikan dan daging yang di asap mengandung listeria yang akan menyebabkan bayi di dalam kandung rentan keguguran dan juga keracunan bagi ibu hamil nya,

3. Telur Mentah

Telur mentah ini sangat dilarang untuk ibu hamil. Hidangan yang mengandung telur mentah atau telur yang di masak setengah matang sebaiknya jangan di konsumsi oleh ibu hamil muda. Karena telur mentah mengandung salmonella yang bisa menyebabkan penyakit. Seperti resiko kontaminasi dari salmonella yang dapat menyebabkan janin mengalami keracunan bahkan kematian.

4. Hati (Ati)

Semua jenis ati diantaranya ati ayam, ati sapi dan ati hewan lainnya memang mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Namun bila ati dikonsumsi secara berlebihan, maka akan beresiko lahirnya bayi tidak sempurna (cacat kandungan). Hal ini terjadi karena tubuh ibu menerima terlalu banyak sekali vitamin A. Disarankan Ibu hamil muda mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dari buah - buahan dan sayuran, karena akan lebih menyehatkan dibanding ati hewan. 

5. Kopi

Kopi mengandung banyak kafein yang cukup tinggi. Mengkonsumsi kafein yang berlebihan pada ibu hamil yang masuk ke trisenter pertama atau saat ibu hamil muda maka bisa mengalami keguguran. Efek kafei didalam kopi sangat berat untuk ibu hamil muda, karena kafein akan segera menyerang sistem syaraf, pencernaan, dan sistem metabolisme. Kafein ini sering sekali menyerang keguguran untuk ibu hamil muda.

6. Es Teh

Es teh kadang menjadi kesukaan ibu hamil muda karena rasanya yang manis dan segar. Es teh mengandung kafein sama seperti kopi. Berikut efek buruk bila meminum es teh bagi ibu hamil muda.

- Berlebihan es teh bisa meningkatkan risiko keguguran karena teh tersebut mengandung kafein yang cukup tinggi.
- Berlebihan es teh bisa juga menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan yang tidak normal atau rendah, itu semua akibat dari kafein pada es teh.
- Es teh yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kematian bayi karena janin yang kurang nutrisi sejak dalam kandungan.
- Es teh juga bisa menyebabkan gangguan sulit tidur, lemah, lesu dan anemia (kekurangan darah).

7. Minuman bersoda

Minuman yang menyegarkan ini sangat mudah di jumpai di supermarket. Ternyata minuman soda sangat berbahaya bagi ibu hamil muda, bahkan sampai hamil tua. Minuman bersoda tersebut mengandung kafein seperti kopi, dan es teh. Kafein yang terkandung dalam minuman soda menyebabkan risiko kesehatan. Bahaya soda bagi ibu hamil muda bisa berdampak sangat buruk pada janin. Berikut adalah efek buruk minuman bersoda yang harus dipantang oleh ibu hmil muda :

- mengandung kafein yang nengakibatkan risiko keguguran, dan ibu kekurangan kalsium dan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.
- Minuman bersoda mengandung banyak pewarna makanan dan pemanis buatan yang akan berdampak bayi terlahir tidak normal dan gangguan neurotransmitter.
- Minuman bersoda ini mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga memicu obesitas.
- Minuman bersoda bisa mengakibatkan detak jantung terasa cepat dan rasa panas pada bagian ternggorokan.

Itulah beberapa pantangan utama bagi ibu hamil muda yang harus di hindarkan sementara waktu.

0 comments

Post a Comment