11/4/18

Penderita Anemia Wajib Mengkonsumsi 8 Buah Ini

Anemia atau kekurangan darah adalah kondisi ketika kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglbin untuk menyemburkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Kondisi tersebut, penderitanya biasanya akan merasa lemas dan lelah, yang mana tidak dapat melakukan aktivitas secara biasanya.


Anemia dapat terjadi dalam jangka wkatu yang panjang ataupun pendek, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Pengobatan kondisi ini sangat bermacam - macam tergantung pada penyebabnya. Anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi suplemen secara rutin atau dengan perawatan khusus.

Penyebab Penyakit Anemia atau Kurang Darah

Seseorang dapat disebut menderita anemia karena sel darah merah dibawah normal. Kandungan sel darah merah dalam tubuh seseorang sangat berbeda - beda, semua tergantung pada usia, jenis kelamin, kebiasaan merokok, tempat tinggal dan kehamilan. Berikut penyebab anemia atau kurang darah :

- Kurangnya asupan gizi atau nutrisi pembentukan sel darah merah dibawah rata - rata.. Sel ini dibentuk oleh zat besi, vitamin B12, asam folat, dan vitamin C.

- Pendarahan heba akibat dari kecelakaan, persalinan, atau pecahnya pembuluh darah.

- Masalah sumsum tulang belakang. Salah satu contohnya ialah anemia aplastik, suatu kondisi yang menyebabkan sumsum tulang belakang tidak dapat memenuhi jumlah normal produksi sel darah merah. Anemia aplastik bisa diakbatkan oleh inveksi virus, terkena bahan kimia, radiasi, antibiotik, obat anti kejang - kejang atau dalam perawatan kanker.

- Terlalu banyak sel darah yang hancur. Seharusnya umur sel darah merah ini adalah 120 hari, akan tetapi karena ada suatu hal, sel darah merah hancur sangat cepat. Kondisi ini disebut anemia hemolitik. Akibat yang terjadi dari hemolitik tersebut dai thalesemia, defisensi G6PD (umumnya sel darah normal memiliki bentuk menyerurpai donat) karena berbentuk sabit jadinya sulit melampaui pembuluh darah, apalagi pembuluh darah yang menyempit.

- Kondisi tertentu, Beberapa kondisi tertentu seseorang mengalami anemia, seperti kondisi ibu hamil, gagal ginjal, infeksi parasit, dan leukimia.

Gejala 

Kalau anemia tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama, konsentrasi Hb ada dalam jumlah yang sangat minim sebelum gejalanya muncul. Gejalanya yaitu :

- Letasi 
- Nafas pendek atau sesak nafas, terutama saat kerja berat.
- Kepala terasa ringan 
- Palpitasi
- Muka pcat
- Kekebalan atau daya tahan tub uh melemah

Cara Mengatasi Anemia Secara Alami

Jika Anda penderita hernia wajib mengkonsumsi 8 buah ini, antara lain :

1. Delima

Buah delima sangat dianjurkan bagi orang yang menderita anemia akibat kekurangan sel darah merah, karena buah delima memiliki zat besi, bukan hanya itu tapi juga mengandung kalsium dan magnesum yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Kurma

Buah kurma, atau sering disebut buah takjil yang mana selalu dimakan setiap sesudah berbuka puasa di bulan ramadhan, ternyata mengkonsumsi kurma setiap hari dapat mengatasi hernia Anda. Kandungan nutrisi dalam buah kurma 100 g porsi mengandung vitamin B9 (Folat dan asam folat). 28 mcg serta folat dan asam folat, dua - duanya adalah vitamin  B9. Folat (asam folat) sangat dibutuhkan oleh sel darah merah untuk membentuk dan berkembang. Tubuh kita tidak menimpan kandungan folat  dalam jumlah yang sangat besar. Maka, Ada perlu makan makanan yang kaya akan folat untuk mempertahankan tingkat normal vitamin ini.  Mengambil makanan yang kaya akan folat dapat membantu mencegah ondisi anemia. Kandungan lain yang ada dalam kurma, zat besi 0.90 mg, serta vitami n C  0.6 mg.

3. Buah Naga

Buah naga sering dijadikan bahan membuat sup buah. Buah ini banyak digemari karena dengan rasanya yang manis dan segar dan cocok digunakan untuk membuat sup buah maupun jus. Bukan hanya untuk dijadikan minuman dan makanan enak saja, buah naga juga merupakan buah untuk penambah darah karena didalamnya mengandung zat besi, fofosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, dan berbagai mineral penting lainnya. Mengkonsumsi tiap hari buah naga, dapat mempercepat mengobati anemia.

4. Stroberi

Buah yang satu ini banya sekali penggermarnya mulai dari anak - anak, dewasa, maupun usia lanjut. Dengan rasanya yang unuk dan manis, buah ini sangat cocok untuk dinikmati dan juga sebagai obat untuk penderita hernia. Stroberi mengandung antik oksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mempercepat memperoduksi sel darah merah. Kandungan anti oksidan dalam buah ini berguna untuk melindungi sel - sel tubuh dari kerusakan akibat dari radikal bebas. Mengkonsumsi buah ini setiap hari akan menambah sel darah merah.

5. Semangka

Buah yang segar ini sering ditemui di pinggiran jalan, gerobak mobil, maupun di supermarket. Buah semangka yang 90% bagiannya terdiri dari air memang sering dianggap sebagai buah detiks yang dapat membersihkan tubuh. Dalam 100 g buah semangka tak hanya dapat 0.2 g zat besi, namun juga vitamin C yang bisa mempersingkat proses penyerapan zat besi.

6. Buah Mangga

Buah mangga terkenal dengan rasanya yang manis dan aromanya yang wangi menyengat membuat siapa saja dapat tergoda dan ingin memakannya. Mangga dikenal mengandung vitamin C, vitamin ini sangat berguna untuk membantu penyerapan zat besi dalam usus. Buah mangga ini kaya akan vitamin B, C, E, K dan berbagai mineral penting seperti magnesium, kalsium, tembaga, mangan, zink, dan zat besi yang cocok untuk mengobati dan menambahkan sel darah merah akibat anemia.

7. Pisang

Asam folat penting sekali untuk membangun, dan memelihara sel - sel baru di tubuh Anda. Dan juga dapat membantu mengobati anemia, terutama pada ibu hamil. Pisang juga dapat meningkatkan jumlah darah di tubuh Anda.

8 . Buah Mengkudu

Buah terkhir terbukti berkhasiat untuk mengobati anemia yaitu buah mengkudu. Buah yang mana sangat dibenci oleh banyak orang, mereka menganggap buah ini tidak ada gunanya sama sekali karena rasanya yang pahit, bau dan tidak enak. Padahal buah ini mengandung jutaan senyawa dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan manusia terutama sebagai makanan penambah sel darah merah. karena kandungan di dalam mengkudu antara lain:

- Scopletin untuk mengatur tekanan darah.
- Morindin, untuk sistem kekebalan tubh.
- Adaptogen, untuk menyeimbangkan sel tubuh.
- Adaptogen untuk penyeimbangan sel - sel tubuh.
- Emzin prtoxweonime untuk mengaktifkan protein.
- Untuk menurunkan kontraksi otot jantung.
- Meningkatkan insulin.
- Merangsang kelenjar pineal.

Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara mentah atau bila ingin rasa pahit dan baunya mengurang cukup dibuat jus dengan campuran sedikit gula, dan susu atau madu. Konsumsi setiap hari agar masalah anemia Anda teratasi sampai tuntas.

Itulah bebapa cara mengobati anemia secara alami dan mudah dengan menggunakan buah - buahan yang kaya akan zat besi untuk menambah sel darah merah.


0 comments

Post a Comment